Ratusan Masyarakat Datangi Kodim 0709/Kebumen

Ratusan Masyarakat Datangi Kodim 0709/Kebumen

Ratusan Masyarakat Datangi Kodim 0709/Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN – Ratusan masyarakat datangi Kodim 0709/Kebumen dari berbagai kalangan mulai dari Anggota Kodim, anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Dim 0709/Kebumen, para Pegawai BRI Cabang Kebumen, para Pegawai Bank Jateng Cabang Kebumen, Anggota FKPPI Cabang Kebumen, pelajar SMA N 1 Kebumen, pelajar SMK Batik 1 Kebumen, pelajar SMK Nawa Bhakti Kebumen, pelajar MAN 1 Kebumen, para Pegawai Rita Pasaraya Kebumen, Masyarakat Kebumen, Karyawan MPS (Pabrik Rokok Sampurna) Sempor, Karyawan RSUD Kebumen dan Group Trabas (Motor Cross Kebumen), memadati aula Makodim 0709/Kebumen dalam rangka kegiatan donor darah sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke-70, peringatan HUT Dam IV/Dip ke-65 dan HUT PMI ke-70, Rabu (30/9/15).

Menurut dr.Rudi Prihartono (Direktur UDD PMI Kbm), antusias masyarakat akan kesadaran menyumbangkan darahnya kali ini meningkat jika dibandingkan pada tahun sebelumnya terbukti kehadiran didominasi peserta yang belum pernah mendonorkan darah sebelumnya, tercatat pada data UDD PMI sebanyak 263 pendonor yang hadir, hal ini berkat kerjasama yang apik antara Kodim dan PMI.

“Kami (Direktur UDD PMI Kebumen) mengucapkan banyak terimakasih atas kesediaan para peserta donor yang dengan ikhlas menyumbangkan darah bagi kemanusiaan semoga amal baik saudara mendapat balasan Allah SWT sebagai amal ibadah, “ ungkapnya.

Dewi salah satu murid SMA N 1 Kebumen mengaku sempat ragu ketika melihat jarum, namun setelah terambil darahnya dia mengaku senang dan berharap Kodim tetap agendakan kegiatan tersebut, ujarnya mengaku senang.

Kegiatan ini kali kedua yang diselenggarakan Kodim kerjasama PMI yang sebelumnya telah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu di Desa Kajoran Kec. Karanggayam Kab. Kebumen, dengan antusias warga desa tersebut terhimpun 100 kantong darah yang bisa diambil PMI.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H mengatakan “pihaknya selalu siap memberikan yang terbaik bagi kebutuhan masyarakat termasuk kegiatan donor kali ini, karena seseorang yang rutin mendonorkan akan mendapatkan kesehatan yang alamai, Aksi membantu sesama dengan cara mendonorkan sebagian darah yang ada di tubuh kita bukan hal yang asing lagi. Sadarkah anda tentang berbagai manfaat donor darah? Ada banyak alasan kenapa donor darah begitu penting bagi diri sendiri dan orang lain. Mungkin manusia tidak menyadari bahwa setiap tiga bulan sekali status kesehatannya berubah. Rutin mendonorkan darah dapat sekaligus merutinkan diri untuk cek kesehatan. Hal ini tentu saja bisa memperkecil kemungkinan keterlambatan penanganan jika ada penyakit berbahaya dalam tubuh.

Lanjut beliau, rutin mendonorkan darah merupakan hal yang menguntungkan. Banyak sekali manfaat donor darah bagi kesehatan manusia. Di antaranya adalah sebagai seperti :

  • Dapat membantu menyehatkan jantung. Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulasi darah akan menjadi lebih baik, jantung akan terlatih untuk terus memompa darah sehingga menjadi lebih sehat.
  • Meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Darah yang telah didonorkan mendapat ganti dari yang baru dari dalam tubuh. Sehingga darah produksi sel darah merah akan terus terjaga.
  • Mencegah munculnya penyakit stroke.
  • Meningkatkan kesehatan secara psikologis.
  • Memperbaharui sel darah.
  • Mencegah resiko terkena penyakit langka.
  • Menurunkan resiko terkena penyakit kanker.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang ada di dalam darah secara tidak langsung akan berkurang bersamaan dengan keluarnya darah yang lama. Ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

Menjadikan pikiran lebih stabil. ” terangnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *