Sukses, Berawal Dari Satu Pasang Burung Perkutut, Kini menjadi 200 Pasang

Sukses, Berawal Dari Satu Pasang, Kini menjadi 200 Pasang

Sukses, Berawal Dari Satu Pasang, Kini menjadi 200 Pasang

KODIM 0709/KEBUMEN – Adalah Serda Nurohman anggota Kodim 0709/Kebumen, yang tinggal tidak jauh dari Kantor Kodim setempat dan beralamatkan di Desa Karangsari RT 04 RW 03 Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen,hobynya  memelihara dirintisnya sejak tahun 2005 sejak dia masih di satuan lama yakni Yonif 405/Surya Kusuma, bapak dengan dua putra ini dengan tekun membudidayakan silang antara burung perkutut lokal dengan jenis burung Bangkok yang diperoleh dari hanya sepasang kini menjadi 200 ekor pasang lebih. Dari kegemarannya mengembakbiakkan burung perkutut ini dapat meraup rupiah tanpa harus meninggalkan tugas utamanya sebagai seorang prajurit TNI yang kesehariannya bertugas di Kodim 0709/Kebumen.

DUA RATUS PASANG TERPAJANG.

Puluhan sangkar burung tergantung dengan berbagai jenis perkutut, diantaranya, jenis Bangkok impor dari Thailand, perkutut putih mata merah, Selain itu, Nurohman sapaan akrabnya, juga menyilangkan berbagai jenis jenis burung perkutut hitam (seplit) dengan burung perkutut  warna putih, diharapkan melalui persilangan ini si induk tetap bisa berkembangbiak (burung yang warna hitam tergolong kuat tidak rentan kena penyakit) dan hasil bisa keluar putih semua, Tak kurang dari 200 pasang perkutut, “dengan suara kicau burung – burung dan irama yang merdu, dapat sebagai obat badan capai sepulang kerja, badan terasa segar dan fress kembali kalau sudah mendengarkan kicauan lagunya, “ ujarnya.

Dikatakan Nurohman dirinya mengawali hobi memelihara burung perkutut pada tahun 2005. Saat itu, ia hanya memiliki satu pasang burung perkutut (jenis Bangkok). Berkat keuletannya, kini ia bisa memiliki ratusan pasang perkutut. Tak hanya membuat rumahnya selalu dihiasi suara merdu, burung perkutut itu juga mendatangkan rupiah, menjadi tambahan tersendiri.

Menurut Nurohman, memelihara perkutut awalnya hanya hobi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, perkutut menjadi buruan para kolektor burung. Karena, suaranya yang merdu konon tak sekedar bisa membuat pemiliknya merasa damai di rumah. Bahkan, ada yang percaya burung perkutut bisa mendatangkan hoki bagi sang pemilik.

Apapun itu, yang jelas, burung perkutut mendatangkan rejeki bagi saya dan keluarga. Ya, meski tak menyebut angka pasti, Nurohman bisa mengantongi uang jutaan rupiah dari “hobinya” memelihara burung perkutut.

Apalagi, kesibukannya itu tidak menganggu tugas utamanya sebagai seorang prajurit TNI. Bila sedang bertugas ke luar kota, tugas memberi pakan burung bisa dikerjakan sang istri. “Tak ada perlakuan khusus untuk merawat perkutut. Yang penting, pemberian pakan dan kebersihan kandang dilakukan rutin. Itu bisa saya lakukan waktu hari libur,” kata anggota Kodim 0709/Kebumen tersebut tersenyum.

Kini, pesanan mengalir bagi Nurohman. Tak hanya dari Kebumen, permintaan juga datang dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, Jogja, Solo, Tegal dan Semarang. Banyak diantara pembeli yang mengincar jenis anakannya “yang bertanda ring dikaki bertuliskan YULIA Kebumen (jenis burung bangkok).

Burung perkutut Nurohman semuanya diberi sertifikat berupa tanda gelang yang bertuliskan Yulia Kebumen / ULI Kebumen. Tujuannya, untuk menjelaskan perkutut yang dipelihara adalah keturunan indukan yang berkualitas bagus dari produk Nurohman. Untuk membantu membesarkan anak anak burung perkutut, Nurohman menggunakan burung puter.  “Ya, memelihara burung perkutut membuat saya bangga. Berawal dari hobi, perkutut kini mampu mendatangkan rejeki bagi keluarga saya,” disamping itu banyak rekan datang untuk ajang silaturahmi dan mitra karib, bagi siapa yang membutuhkan kami siapkan dengan harga terjangkau oleh masyarakat.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

1 Respon

  1. MAJID WAJDI berkata:

    Assalaamualikum Bapak Nurohman, mohon informasi berapa harga sepasang indukan perkutut lokal, bangkok, putih untuk desember 2015?
    Mohon informasinya. Matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *