Manfaatkan Pekarangan Sebagai Suplai Gizi Keluarga

    Manfaatkan Pekarangan Sebagai Suplai Gizi Keluarga

    Manfaatkan Pekarangan Sebagai Suplai Gizi Keluarga

    KODIM 0709/KEBUMEN – Ditengah kesibukannya seorang Ibu rumah tangga mau berbuat, tahu bagaimana cara berbuat dan bagaimana berusaha memanfaatkan lahan sempit yang dimiliki, tentunya opini tersebut bisa menjadi kunci murah dan mudah untuk dapat hidup sehat sangatlah sederhana jika setiap orang mau meluangkan waktu untuk melakukan pengelolaan lahan pekarangan sekitar rumah. Adalah Siti Rokhana ibu rumah tangga yang sekaligus anggota PNS Kodim 0709/Kebumen, Kamis (19/11/15).

    Dengan pengelolaan yang baik maka pekarangan rumah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti : tempat bermain, tempat rekreasi, sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan. Pemanfaatan lahan pekarangan bisa mendukung ketahanan pangan rumah tangga dengan memberdayakan potensi disekitar lingkungan tempat tingal kita masing-masing. “Pemanfaatan lahan pekarangan rumah merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga, karena  dengan kegiatan ini sudah barang tentu masyarakat akan menjadi terbiasa dan terdidik untuk memanfaatkan potensi yang ada  walau hanya sejengkal tanah,  soal kebutuhan pangan dan gizi keluarga tidak perlu dipusingkan lagi, pendapatan keluarga juga akan bertambah, dikatakan pula, masalah luas atau sempit  hendaknya jangan dijadikan patokan untuk bisa atau tidak dalam pemanfaatan pekarangan rumah kita yang penting ada kemauan pasti akan dapat terlaksana, “ ujar Siti.

    Bila hal ini dapat kita lakukan dan mengaturnya sesuai dengan penataan eksterior tentunya pekarangan rumah akan tampak asri dan juga bermanfaat untuk upaya diversifikasi pangan dan gizi yang secara langsung dapat berkontribusi mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kualitas kesehatan. Pemilihan komoditi yang akan di kembangkan tentunya harus juga mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta pengembangannya secara komersial berbasis kawasan. Begitu besar fungsi dan manfaat pekarangan jika dikelola dengan baik, mari manfaatkan pekarangan anda kalau belum yuk mulai sekarang  tidak ada kata terlambat.

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *