Bakti TNI Koramil 07/Karangsambung Bantu Kesulitan Masyarakat

Bakti TNI Koramil 07/Karangsambung Bantu Kesulitan Masyarakat

Bakti TNI Koramil 07/Karangsambung Bantu Kesulitan Masyarakat

KODIM 0709/KEBUMEN, Longsor atau sering disebut pergerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh, seperti intensitas curah hujan yang tinggi dan labilnya suatu lereng menyebabkan terjadinya longsor.

Seperti halnya yang dialami warga Dukuh Kalipuru Desa Pujotirto Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen tepatnya di belakang SD Negeri Kalipuru, telah terjadi musibah longsor sebuah lereng setinggi lima meter akibat diguyur hujan terus menerus, Kamis (17/12/15).

Akibat kejadian tersebut, Danramil 07/Karangsambung Kapten Arh M. Chumedi mendatangi lokasi dan langsung mengerahkan warga desa untuk melaksanakan pembenahan tumpukan material longsor dengan melibatkan beberapa personel diantaranya anggota Koramil 07/Karangsambung sebanyak dikerahkan sebanyak 10 orang, Polsek 10 orang, pihak Kecamatan Karangsambung 5 orang, perangkat desa setempat 9 orang, PGRI sebanyak 25 orang dan masyarakat sejumlah 125 orang.

Disamping kegiatan karya bakti pembenahan material, dalam peristiwa ini masyarakat juga menerima bantuan dari BPBD Kabupaten Kebumen berupa Terpal 20 lembar, Aqua 4 karton, Mie Instan 2 karton, minyak goreng 1 liter, Sarden 4 kaleng, Kecap 2 botol, Gula pasir 2 Kg, Teh 10 bungkus, Beras siap saji 15 dus dan roti marie 2 pack, sementara itu disisi lain dari PMI Kab. Kebumen memberikan bantuan berupa Beras 15 Kg, Mie Instan 2 karton, Kecap 2 botol dan minyak goreng 1 liter.

Menurut keterangan Danramil, seluruh bantuan tersebut digunakan untuk operasional warga yang bekerja membantu menyingkarkan tumpukan material longsor, menurut Danramil, dari bantuan yang diterima dapat memberikan semangat kerja masyarakat, harapan dari kegiatan ini warga bisa memetik pelajaran untuk lebih waspada dan meningkatkan ketanggap segeraan dalam mengantisipasi setiap kemungkinan yang mungkin timbul.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *