Kodim 0709/Kebumen Hijaukan TPU

Kodim 0709/Kebumen Hijaukan TPU

Kodim 0709/Kebumen Hijaukan TPU

KODIM 0709/KEBUMEN Kegiatan Bakti TNI yang dilaksanakan Kodim 0709/Kebumen dan jajarannya dalam rangka program reboisasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen. Ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli penghijauan, yang dengan kali ini penghijauan diutamakan pada sasaran dimana situasi dan kondisi TPU yang semakin lama semakin gersang. Penanaman tersebar di TPU digelar diseluruh wilayah tanggungjawab Kodim 0709/Kebumen, dari mulai yang didataran tinggi sampai pada dataran rendah, Sabtu (05/12/15).

Komandan Kodim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H menjelaskan bahwa kedepannya Kodim 0709/Kebumen akan mereboisasi makam yang sudah didata. Dengan tujuan agar suasana makam tidak terlihat panas dan gersang. Disamping itu Penghijauan merupakan kegiatan penanaman pada lahan kosong di luar kawasan hutan, terutama pada tanah milik rakyat dengan tanaman keras, misalnya jenis-jenis pohon hutan, pohon buah, tanaman perkebunan, tanaman penguat teras, tanaman pupuk hijau, dan rumput pakan ternak. Tujuan penanaman ini agar lahan tersebut dapat dipulihkan, dipertahankan, dan ditingkatkan kembali kesuburannya. Dari data yang diperoleh tercatat 1500 makam yang akan direboisasi. Jumlah tersebut tersebar berada di wilayah Kabupaten Kebumen.

“Kita akan tanami TPU yang sudah kita data, kita juga sudah koordinasikan dan sosialisasikan dengan masyarakat sekitar TPU” ujar Dandim. Penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Kodim 0709/Kebumen merupakan kerja sama antara Distanbunhut dan BPDAS Kebumen. Rencananya sejumlah 18.000 batang pohon akan ditanam diseluruh makam yang sudah didata. Rencana kegiatannya dibuat setiap hari Sabtu, untuk sabtu depan Kodim 0709/Kebumen akan menanam sebanyak 375 bibit pohon dari berbagai jenis, kegiatan ini berjalan dan bertahap sampai seluruh kondisi Makam hijau semua Penanamandilaksanakan secara bertahap dengan memperhatikan musim saat ini.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *