Anggota Kodim 0709/Kebumen Ikuti Sosialisasi Pembangunan Jaringan Fiber Optik

Anggota Kodim 0709/Kebumen Ikuti Sosialisasi Pembangunan Jaringan Fiber Optik

Anggota Kodim 0709/Kebumen Ikuti Sosialisasi Pembangunan Jaringan Fiber Optik

KODIM 0709/KEBUMEN – Bertempat diGedung lantai dua Dishub Kominfo Kab. Kebumen digelar kegiatan sosialisasi pembangunan jaringan Fiber Optik (FO) yang diikuti oleh Anggota Kodim 0709/Kebumen Sertu Supardi dan seluruh SKPD serta Kecamatan se Kab. Kebumen. Jum’at (22/01/16).

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Dishub Kominfo Kab. Kebumen Kinanto, S.IP dalam sambutannya menyampaikan, penjelaskan tentang rencana pelaksanaan pembangunan jaringan FO tersebut di jajaran SKPD dan Kecamatan pada tahap II ini akan dimulai pada minggu depan, dari jaringan inilah dimanfaatkan sebagai penujang fungsi tugas dan dinas, hal ini disampaikan terkait dilingkungan jajaran Pemkab Kebumen ini baru diterapkan.

Hadir sebagai Narasumber dari PT. Mitra Lestari, Priyo, memberikan penjelasan terkait data teknis penggunaan jaringan FO tersebut, dikatakan Priyo, karakteristik kabel yang akan digunakan berdiameter 120 mikrometer dengan menggunakan sumber cahaya laser atau LED, adapun jenis kabel yang terbuat adalah dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut yang digunakan untuk mentransmisikan cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

Priyo juga menggambarkan bahwa kecepatan cahayanya jika diukur yakni 3 x 10 pangkat 8, adapun struktur kabelnya terdiri dari core, Cladding, Coating dan Buper, Lanjut Priyo, ada dua jenis kabel FO yang digunakan yakni jenis singlemode yang memiliki ukuran berkisar antara 1350nm hingga 1625nm sedangkan yang jenis multimode memiliki ukuran 850nm hingga 1300nm.

Namundari semua itu, kata Priyo, yang paling banyak digunakan yakni Singlemode, menurut keterangan yang dipaparkan Priyo FO ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain.

Kelebihan.

– Bandwidth sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit per detik.

– Biaya pemasangan dan pengoperasionalannya yang rendah serta serta tingkat keamanan yang lebih tinggi.

– Tahan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio.

– Tidak ada tenaga listrik dan percikan api.

– Tidak berkarat.

Kekurangan.

– Instalasi mahal dan rumit.

– Sulitnya dalam melakukan penyambungan.

– Proses transmisi yang harus akurat untuk menghindari loss transmission.

– Mahalnya komponen pendukung jaringan Fiber Optik.

Usai paparan selesai kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang langsung dipandu oleh Kepala Bidang Dishub Kominfo Kab. Kebumen Kinanto, S.IP, usai tanya jawab,  kegiatan berakhir hingga pukul 10.30 WIB.

Dalam pesannya kepada seluruh peserta sosialisasi, Kinanto menyampaikan, agar seluruhnya memiliki tanggungjawab terhadap keberadaan jaringan ini, terlebih terhadap sarana dan prasarana yang menjadi tanggungjawab, lebih dalam Kinanto mengajak agar seluruh yang hadir untuk turut serta berpartisipasi menjaga, memelihara dan mengawasi keberadaan tiang FO jika mendapati kejanggalan agar segera diinformasikan ke Dishub Kominfo sebagai penanggungjawab mutlak.(supar).

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *