Babinsa Koramil 16/Petanahan Dorong Warga Gemar Penghijauan

    Babinsa Koramil 16/Petanahan Dorong Warga Gemar Penghijauan

    Babinsa Koramil 16/Petanahan Dorong Warga Gemar Penghijauan

    KODIM 0709/KEBUMEN – Anggota Koramil 16/Petanahan melaksanakan penanaman TPU bersama masyarakat tepatnya di Desa Kritig Kec. Petanahan, Kebumen. Sabtu (30/1/16).

    Adapu jenis pohon yang ditanam meliputi 10 pohon Mahoni dan 10 pohon Trembesi, ini dilakukan sebagai upaya pencegahan kerusakan lingkungan bahkan dapat menambah sejuk lingkungan disekitar Makam.

    Manfaat lainnya pohon tersebut nantinya dapat dipergunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, disamping menambah pemandangan indah, kesejukan di area makam bisa menjadi tempat tinggal burung-burung, juga menjaga kelestarian ekosistem sehingga dapat menepis kesan gersang lingkungan.

    Hal lain yang terpenting yakni dengan keberadaan pohon tersebut banyak dimanfaatkan oleh warga masyarakat karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga Babinsa Koramil 16/Petanahan memilih tanaman pohon Mahoni dan Trembesi sebab batang kedua pohon tersebut sangat bermanfaat bagi pertukangan.

    Komandan Koramil 16/Petanahan Kapten Inf Agus Handoyo menyebutkan manfaat lain dari pohon Mahoni dan Trembesi sebagai tanaman yang yang memiliki perakaran yang kuat. Sehingga dapat menjaga dari bahaya kerusakan tanah seperti longsor, dan peresapan air sehingga cadangan air melimpah guna mengatasi krisis air saat dating musim kemarau.

    Bapak Tejo Kadus Desa Kritig sangat mendukung upaya yang dilakukan anggota Koramil 16/Petanahan, antusiasme terlihat saat dirinya dan masyarakat turut serta membantu proses penanamannya, kegiatan ini sekaligus telah memberikan contoh kepada warga masyarkat di Desanya akan arti pentingnya sebuah pohon atas dukungan tersebut kesadaran warga untuk mengkampanyekan progam penghijauan ditanggapi positif (pard).

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *