Kodim 0709/Kebumen Pengembangan Sabuk Hijau Waduk Sempor 71 Hektare

    Kodim 0709/Kebumen Pengembangan Sabuk Hijau Waduk Sempor 71 Hektare

    Kodim 0709/Kebumen Pengembangan Sabuk Hijau Waduk Sempor 71 Hektare

    KODIM 0709/KEBUMEN – Sejumlah tamu undangan hadir dalam kegiatan penanaman bersama pengembangan sabuk hijau waduk Sempor yang diselenggarakan Kodim 0709/Kebumen bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak. Kamis (21/01/16).

    Dalam kegiatan pengembangan sabuk hijau waduk Sempor kali ini juga didukung oleh Bank BRI Cabang Kebumen dan Bank BKK Cabang Kebumen, kegiatan yang melibatkan sejumlah kalangan tersebut sempat menanam pohon sejumlah 10.000 bibit disejumlah titik seluas 71 Hektare yang selama ini rawan terhadap erosi dan bisa mencegah sedimentasi.

    Bibit yang ditanam kali ini meliputi jenis pohon Kemiri, pohon Pucung dan pohon Trembesi, khusus pohon Trembesi salah satu fungsinya mampu menahan air, selain wilayah Sempor, penanaman juga dilakukan di Desa Kedungwringin, khusus yang di wilayah Kedungwringin difungsikan untuk menahan kondisi tanah agar tetap stabil dan dapat mencegah timbulnya longsor.

    Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H, dalam sambutannya menyampaikan. “Sabuk hijau (greenbelt), adalah ruang terbuka hijau yang memiliki tujuan utama untuk membatasi perkembangan suatu penggunaan lahan atau membatasi aktivitas satu dengan aktivitas lainnya agar tidak saling mengganggu.

    Hal ini dikandung maksud bahwa sabuk hijau atau greenbelt merupakan salah satu konsep perencanaan wilayah/kota. Kehadiran greenbelt seharusnya dipandang tidak saja dari fungsi fisik, tetapi juga fungsi ekologi dan juga fungsi sosial sekaligus, mengakomodir sarana rekreasi alam, produksi pertanian, fungsi lindung dan fungsi hutan.

    Pentingnya gerakan penghijauan bagi lingkungan sekitar kita tentunya akan bisa berpengaruh baik terhadap manusia dan spesies yang ada didekatnya. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan yang akan mengakibatkan menurunya angka kesehatan masyarakat itu sendiri.

    Gerakan penghijauan adalah salah satu cara untuk menangani hal tersebut dan percaya bahwa langkah awal yang dilakukan saat ini akan mempunyai dampak besar terutama bagi kelangsungan hidup mahluk-mahluk lainnya di masa yang akan datang.

    Pentingnya sabuk hijau adalah  untuk menjaga kawasan dimana pertaniankehutanan dan kawasan terbuka hijau untuk tetap membentang. Tujuan mendasar dari kebijakan sabuk hijau adalah untuk mencegah meledaknya urbanisasi dengan menjaga lahan terbuka secara permanen, dan oleh karena itu atribut yang paling penting dari sabuk hijau adalah keterbukaan mereka. Dari pengertian tersebut, kita bisa mengetahui tujuan dari gerakan penghijauan.

     Harapan kedepan kita lebih peduli dengan lingkungan dan memperhatikan kepentingan lainnya, tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara pelestarian lingkungan maka penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu, karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita.

    Kami mengajak kepada masyarakat agar melakukan penghijauan secara berkesinambungan dan harus yakin bahwa kegiatan ini membawa dampak positif. Peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan sangat penting sekaligus menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dirawat dan dipelihara.

    Mengingat anak dan cucu kita juga perlu dan berhak  atas udara segar untuk bernafas, tanah yang subur untuk bercocok tanam, air jernih untuk sumber kehidupan, dan kondisi sosial budaya yang layak untuk hidup. Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan penghijauan seperti yang hari ini dilaksanakan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana.

    Semoga pelaksanaan pengembangan sabuk hijau waduk Sempor pada hari ini sukses demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dimasa mendatang. Kodim 0709/kebumen mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas dukungan semua pihak demi lancarnya kegiatan ini. “ ujar Dandim menjelaskan.

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *