Koramil 05/Karanggayam Ciptakan Kesejukan, Hijauan Areal TPU

Koramil 05/Karanggayam Ciptakan Kesejukan, Hijauan Areal TPU

Koramil 05/Karanggayam Ciptakan Kesejukan, Hijauan Areal TPU

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 05/Karanggayam melaksanakan kegiatan penghijauan lahan sekitar areal TPU (Tempat Pemakaman Umum) yang dilakukan bersama-sama dengan masyarakat Desa Karanggayam Kec. Karanggayam – Kebumen, hal ini dilakukan  sebagai bentuk kepedulian TNI akan pelestarian lingkungan dalam rangka mencegah kerusakan ekosistem lingkungan hijau disamping itu nantinya lokasi TPU akan semakin teduh dan asri sebagai bentuk tindakan pelestarian lingkungan dari kerusakan lingkungan dan mencegah wilayah agar tidak menjadi gersang.

Menurut sang juru kunci Makam Karanggayam, Mbah Tirto “Keberadaan gagasan penghijauan ini sangat diperlukan sebagai upaya menciptakan sebuah lingkungan yang asri dan sejuk dan berkelanjutan jika ditinjau dari factor ekonomi dan sosial budaya,” katanya saat dirinya memberikan ijin agenda penanaman 100 bibit pohon di TPU Karanggayam, Sabtu (09/01/16).

Kegiatan itu digagas oleh Babinsa Koramil 05/Karanggayam bersama para tokoh masyarakat desa setempat yang didukung anggota karangtaruna desa.

“Ini merupakan salah satu jawaban yang dipertanyakan masyarakat pada beberapa waktu yang lalu, bahwa penghijauan di sekitar makam atau TPU tidak akan mengganggu aktifitas saat terjadi penguburan jenazah pasalnya penanamn di selenggaran di luar lokasi makam sehingga kelak keberadaan akar pohonpun tidak akan mengganggunya, bahkan suasan menjadi cukup teduh, disisi lain pohon ini bisa dimanfaatkan oleh warga dan karangtaruna sebagai pemasukan kas desa jika kelak pohon yang ditanam ini dapat dituai,” ujar Danramil 05/Karanggayam Kapten Inf Sardjono.

Menurut Sardjono, pertanyaan itu telah disikapi masyarakat Desa Karanggayam dengan cara positif dan kegiatan nyata program penghijauan di TPU Karanggayam ini.

“Mudah-mudahan ini bukan hanya menjadi acara seremonial, tapi bisa rutin terus dilaksanakan,” lanjut Danramil.

Dalam agenda penghijauan yang dilaksanakan di TPU Karanggayam seluas 5 hektare ini, Babinsa menanam sebanyak 100 pohon yang terdiri dari 50 pohon Akasia dan 50 pohon Mahoni.

Penananam bibit pohon tersebut sengaja diatur untuk menata area TPU agar terlihat asri, penanaman ini telah dilakukan sejak awal Desember 2015 lalu dan hingga kini setiap hari sabtu terus dilakukan penanaman sebagai wujud kebersamaan TNI dan Masyarakat, imbuhnya.

Masyarakat mengaku senang pasalnya pohon tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk keperluan warga setempat, bibit pohon Akasia dan Mahoni ini ditanam secara teratur untuk membatasi area TPU dengan pemukiman penduduk, sementara warga berharap agar penanaman juga dilakukan bukan hanya di areal Makam tetapi di sepanjang jalan Desa yang pengaturannya tidak berdekatan satu sama lain, hal ini terungkap karena banyaknya pepohonan yang siap diremajakan, disamping menambah kesejukan tanaman ini kelak tidak akan menganggu aktifitas perekonomian warga, justru sebaliknya sangat bermanfaat bagi warga sekitar.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *