Koramil 20/Buayan Gelar Pelatihan Kursus Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar

    Koramil 20/Buayan Gelar Pelatihan Kursus Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar

    Koramil 20/Buayan Gelar Pelatihan Kursus Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar

    KODIM 0709/KEBUMEN – Anggota Persit KCK Ranting 21 Koramil 20/Buayan Cabang XXIX Dim 0709 Koorcab Rem 072 PD IV/Dip Ibu Suminah, S.Pd Istri Kopka Sabar  memberikan pelatihan kursus Bahasa Inggris bagi para siswa sekolah dasar kelas IV, V dan kelas VI bertempat di ruang aula Makoramil 20/Buayan, Rabu (20/01/16).

    Kegiatan yang digelar sudah selama 10 kali pertemuan ini diberikan secara gratis kepada sejumlah siswa SD tersebut, yang bertujuan ingin tercapainya kualitas sumber daya manusia khususnya penguasaan bahasa asing yakni bahasa inggris.

    Era globalisasi dan perkembangan jaman seperti saat sekarang ini mengharuskan siswa SD untuk terus up to date dengan materi pembelajran bahasa Inggris. Mereka dituntut untuk menguasai materi bahasa Inggris yang ada di sekolah. Namun keterbatasan dana atau biaya finansial membuat mereka harus untuk tidak membeli buku pelajaran bahasa Inggris.

    Dari sinilah inisiatif timbul dari seorang Danramil, melihat kondisi yang sangat dibutuhan oleh para siswa sekolah dasar, Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat, mengharapkan melalui kegiatan ini kemampuan dasar siswa dapat terpenuhi, tentunya dengan berbagai tahapan yang diberikan.” Terangnya.

    “ Dengan adanya teknologi open source yakni internet, maka sekarang para siswa tidak perlu khawatir untuk mempelajari materi pelajaran bahasa Inggris secara gratis loh. “ ujar Ibu Suminah, S.Pd saat memberikan materinya.

    Menurut keterangan Ibu Suminah, kegiatan sudah berjalan sejak tanggal 3 Januari 2016 dan sampai saat ini kegiatan masih tetap dilanjutkan. Kegiatan yang dilaksanakan selama seminggu dua kali ini sempat menyedot perhatian siswa, terbukti kegiatan ini dapat membantu mereka saat pelajaran bahasa ingris disekolahnya.

    Dikatakan Ibu Suminah, Sangat disayangkan banyak dari kita yang bahkan sebelum memulai mencoba, banyak yang bilang bahasa Inggris itu susah. Sebenarnya itu karena kita malas untuk membaca. Padahal malas itu temannya kemelaratan dan kemiskinan, dan memulai sesuatu dengan malas sudah dipastikan tidak ada masa depannya. Ada sebuah kata-kata bijak yang isinya adalah ”rahasia keunggulan itu adalah dengan memulai, dan rahasia memulai itu adalah dengan mengerjakan sesuatu yang sederhana”. Maka dari itu kita harus berani untuk memulai belajar dengan mengerjakan hal yang sederhana yakni membaca. Disini kita menyediakan bacaan mengenai materi bahasa Ingris sekolah dasar. imbuhnya.

    Lanjut Ibu Suminah, dalam Les atau kursus yang digelar Koramil 20/Buayan ini menggunakan cara cepat belajar bahasa Inggris, ada tiga langkah mudah yang bisa terapkan dan membuahkan hasil yang baik. yakni

    Fokus pada input dan bukan hanya output

    Kebanyakan siswa dan guru bahasa Inggris memberikan pemahaman bahwa kunci penguasaan bahasa terletak pada menulis dan berbicara. Memang, itu tidak salah karena banyak orang yang langsung praktik berbicara dengan berani, ia akan terbiasa dan kemudian mendapatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik.

    Tetapi untuk lebih cepat, seseorang juga harus mengasah kemampuan mendengar. Kemampuan mendengarkan merupakan salah satu kunci meraih keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris. Untuk itu Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris, teks bahasa Inggris, dan tentu saja film berbahasa Inggris.

    Dengan mendengarkan beragam kata dalam bahasa Inggris dalam waktu yang lama, maka kemampuan mendengarkan bisa meningkat pesat.

    Grammar itu penting namun jangan terlalu dibebankan

    Grammar adalah hal yang penting bagi. Karena status bahasa Inggris di Indonesia adalah bahasa Asing, bukan bahasa asli, atau bahasa kedua. Jadi, grammar adalah sebuah hal yang wajib untuk dipelajari.

    Kendati demikian, jangan anggap grammar sebagai beban yang mengharuskan untuk menyesuaikannya sesempurna mungkin. Dalam hal menulis, tentu saja grammar penting, namun dalam berbicara bahasa Inggris, kita bisa sedikit memberikan toleransi dengan kesalahan-kesalahan grammatical atau tata bahasa. Namun, maksud dari perkataan yang kita ucapkan harus tetap jelas.

    Grammar itu penting namun jangan sampai mengalahkan keberanian kita untuk mengekspresikan bahasa Inggris.

    Ulangi dan kemudian lakukan secara perlahan

     

    Kunci dalam cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan melambat dan terus mengulang. Di sekolah, siswa membaca teks terlalu cepat kemudian guru memberikan materi dengan sikap seakan terkejar oleh waktu. Akibatnya pemahaman seringkali tidak maksimal. Siswa hanya akan mendapatkan memori jangka pendek dan guru sulit untuk berhasil dalam mengajar.

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengulangan yang dilakukan secara terus menerus dan dalam tempo yang lebih lambat akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik. Siswa harus mendapatkan materi dengan pengulangan hingga belasan kali. Dengan pengulangan tersebut, maka terbentuklah memori jangka panjang. Kemudian, siswa mampu mempelajari bahasa Inggris dengan lebih baik, dan tentu saja efektif.

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *