Koramil 21/Rowokele Tanam Pohon Trembesi Bersama Masyarakat

Koramil 21/Rowokele Tanam Pohon Trembesi Bersama Masyarakat

Koramil 21/Rowokele Tanam Pohon Trembesi Bersama Masyarakat

KODIM 0709/KEBUMEN – Anggota Koramil 21/Rowokele Serda Turimin bersama dengan warga masyarakat Desa Rowokele Kebumen melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam bibit pohon trembesi, Sabtu (23/01/16).

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Koramil 21/Rowokele dengan Perum Perhutani wilayah Rowokele tujuan penanaman bibit Trembesi ini dimaksudkan untuk meregenerasi tanaman yang sudah ditebang maupun yang sudah usia, penanaman ini juga diharapkan untuk mewujudkan lahan terbuka hijau serta unuk mencegah terjadinya longsor dan banjir.

Menurut keterangan Turimin, Trembesi (Albizia saman sinonim Samanea saman) merupakan pohon yang kelak bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter dan tajuknya yang sangat lebar. Pohon Trembesi mempunyai jaringan akar yang luas sehingga kurang cocok ditanam di pekarangan karena bisa merusak bangunan dan jalan.

Pohon Trembesi dari satu batang Trembesi dewasa mampu menyerap 28 Ton karbondioksida (CO2) pertahunnya. Pohon Trembesi ini juga memiliki kemampuan menyerap air tanah yang kuat. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari Meksiko, Peru dan Brazil namun sekarang telah tersebar ke seluruh daerah beriklim tropis termasuk ke Indonesia.

 Pohon ini dipercaya mampu memberikan kontribusi dalam menanggulangi pencemaran udara dan ancaman pemanasan global. Hal lain yang dapat dimanfaatkan yakni, bijinya yang biasa disebut “Mindhik” (Siter atau Godril) selain dapat dibuat makanan ringan (semacam  kwaci) juga berkhasiat sebagai obat pencuci perut dengan cara diseduh dengan air panas.

Bahkan daunnyapun ternyata memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit. Sayangnya pohon ini mempunyai jaringan akar yang besar dan luas sehingga sering kali merusak bangunan di sekitarnya. Selain itu tajuknya yang lebar dan daunnya yang rimbun sering kali menghambat pertumbuhan pepohonan lain yang berada di bawahnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *