Anggota Koramil 13/Buluspesantren Lakukan Patroli Pagar Lapbak

Anggota Koramil 13/Buluspesantren Lakukan Patroli Pagar Lapbak

Anggota Koramil 13/Buluspesantren Lakukan Patroli Pagar Lapbak

KODIM 0709/KEBUMEN – Babinsa Koramil 13/Buluspesantren Serda Rahmat Budiarto melaksanakan kegiatan patrol keamanan dan pemantauan wilayah sekitar areal pemagaran lapangan tembak (Lapbak) di wilayah Kec. Buluspesantren, yang merupakan salah satu bentuk tanggungjawab Koramil 13/Buluspesantren yang wilayahnya terdapat Daerah Latihan TNI AD atau lebih dikenal sebagai Lapangan Uji Coba Senjata Dislitbang TNI AD yang berada di tiga desa yakni Desa Ayamputih, Desa Setrojenar dan Desa Brecong dengan lebar kurang lebih 500 meter ditarik dari garis pantai kearah utara. Kamis (11/2/16).

Untuk saat ini telah dilaksanakan pembangunan pagar pembatas tanah antara milik negara dan milik warga yang digunakan sebagai daerah latihan TNI AD, dengan tujuan untuk menjaga keamanan warga pada saat diadakan latihan uji coba menembak agar warga tidak memasuki daerah latihan tersebut.

Khusus di wilayah Kecamatan Buluspesantren, yang sudah dilaksanakan pembangunan pagar tersebut yakni di Desa Ayamputih sepanjang 1.617 meter dan rencana dalam waktu dekat juga akan dilanjutkan pembangunan pagar di dua desa lainnya yakni di Desa Setrojenar dan di Desa Brecong.

Untuk menjaga agar pagar tersebut tetap aman, maka secara rutin dan berkelanjutan para anggota Koramil 13/Buluspesantren secara bergiliran melaksanakan patroli pengamanan sepanjang pagar tersebut untuk menjaga dari beberapa kemungkinan dan hal-hal yang tidak dikehendaki, hal ini semata-mata agar warga sekitar lapangan tembak Dislitbangad tersebut aman, bagi warga sendiri sejauh ini masih terdapat pro dan kontra terkait keberadaan pembangunan pagar batas tanah negara dan tanah masyarakat.

Dalam sosialisasinya Babinsa Serda Rahmat Bambang Budiarto senantiasa memberikan pemahaman kepada warga sekitar lapangan tembak, bahwa kawasan tersebut sejak tahun 1937 sampai dengan tahun 1949 merupakan pantai selatan dari wilayah Kecamatan Buluspesantren, Ambal, Mirit dan Klirong pada zaman Belanda dan Jepang sebagai benteng pertahanan dan selanjutnya oleh TNI sebagai daerah uji coba senjata dan pertahanan pantai, sejak tahun 1957 sudah aktif digunakan oleh satuan Kavaleri dan satuan lainnya hal ini terkait ditetapkan kantor dinas luar IPDA Purworejo nomor 5.1085/WPJ.05/KL-1807/1982 tanggal 12 Juli 1982, hal ini juga diperkuat dengan terbitnya Perda Kab. Kebumen No 23 Tahun 2012 tantang RTRW Kab. Kebumen Tahun 2011-2031 Pasal 40 ayat (1) huruf g Daerah Latihan, huruf h Daerah Latihan dan Uji Coba Senjata TNI dan huruf i Lapangan Uji Coba Senjata serta ayat (2) Daerah sebagai dimaksud meliputi Kec. Mirit, Kec. Ambal dan Kec. Buluspesantren. (pard)

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *