Babinsa Koramil 03/Sempor Pembuatan Rumah Burung Hantu (RUBUHA)

Babinsa Koramil 03/Sempor Pembuatan Rumah Burung Hantu (RUBUHA)

Babinsa Koramil 03/Sempor Pembuatan Rumah Burung Hantu (RUBUHA)

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 03/Sempor Serka Wagino mengecek rumah burung hantu (Rubuha) bersama petani di Desa Sampang Kecamatan Sempor. Jum’at (5/2/16).

Serka Wagino selaku Babinsa Desa Sampang memberikan masukan dan membimbing kepada kelompok tani desa binaannya yaitu cara mengatasi hama tikus dengan mendirikan rumah burung hantu yang sangat membantu petani dalam mengatasi serangan hama tikus.

Pembuatan rumah burung hantu tersebut adalah tempat singgah bagi burung hantu yang merupakan salah satu predator pemakan tikus yang selama ini meresahkan petani. Burung hantu mempunyai kemampuan jarak pandang ±  500 meter dan satu burung hantu bisa memangsa sampai dengan 10 ekor tikus per hari.

Dengan adanya rumah burung hantu tersebut para petani berharap tikus – tikus yang sudah merusak tanaman padi miliknya dapat musnah atau berkurang populasinya minimal tikus akan pergi dari areal pesawahan ini, ujar Sutadi (55) warga Desa Sampang.

Dari Kepala Dinas pertanian Kecamatan Sempor Bapak Imam Mustakim S. PKP juga menghimbau kepada para petani supaya membuat rumah burung hantu di sawah,  pembuatan rumah burung hantu ini dibuat dengan jarak antara 300 meter dari rumah burung hatu lainya.

Danramil 03/Sempor Kapten Inf Mungging mengatakan kepada kelompok tani binaan Serka Wagino, bahwa penyuluhan dan penyebar luasan ilmu yang dilakukan Babinsa saya ini dalam rangka mensukseskan swasembada pangan yang menjadi program pemerintah.

Lanjut Danramil, pendampingan kepada para petani ini akan dilakukan secara terus menerus oleh Babinsa sepanjang upaya khusus pertanian (UPSUS). “Mari kita sama-sama kita mendukung kegiatan swasembada pangan ini agar hasilnya dapat kita nikmati sebagai sukses yang mandiri, Babinsa saya yang ada di lapangan akan terus membantu kegiatan ini sampai hasil panen dapat di capai,” ungkap Kapten Inf Mungging. (pard)

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *