Babinsa Koramil 05/Karanggayam Tebarkan Senyum Upsus

Babinsa Koramil 05/Karanggayam Tebarkan Senyum Upsus

Babinsa Koramil 05/Karanggayam Tebarkan Senyum Upsus

KODIM 0709/KEBUMEN – Babinsa Koramil 05/Karanggayam Serma Sariman melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dilahan seluas 100 ubin milik Bapak Kadiarjo di Desa Kalireja RT 06 RW 05 Kec. Karanggayam Kab. Kebumen, Senin (8/2/16).

Dalam kegiatan kali ini Serma Sariman bersama-sama dengan warga Desa Kalireja yang tergabung dalam kelompok tani Margorahayu, melakukan penyiangan dan perawatan tanaman padi dari gulma dan rumput liar pengganggu tanaman.

Dengan warna kaki dan batang yang hijau serta memiliki posisi daun serta daun bendera yang tegak tanaman padi Ciherang terlihat cantik dan sehat. Begitu juga dengan kadar amilosa 23 % menjadikan varietas Ciherang dengan rasa nasi yang pulen. Dengan bentuk morfologis tersebut varietas Ciherang benar-benar merupakan varietas ida­man petani di Indonesia, ujarnya.

Menurut keterangan Serma Sariman, Merupakan hasil persilangan IR 64 terhadap beberapa galur IR lainnya ini, tampil dengan perkasa mengalah­kan dominasi IR 64 selama kurun waktu 6 tahun dan eksis di Indonesia selama 10 tahun terakhir. Selain me­rupakan nama jaminan kualitas be­ras, padi Ciherang dikenal tahan ter­hadap hama dan penyakit terutama hama Wereng Coklat biotipe 2 dan 3 serta penyakit Hawar Daun Bakteri strain III dan IV. Dengan teknik bu­didaya yang baik yaitu dengan mengaplikasikan pemupukan yang lengkap dan berimbang, varietas Ciherang mampu menghasilkan produksi 11,8 ton GKP/hektarnya.

Puncaknya terjadi pada tahun 2005, sejak dirilis pada ta­hun 2000 penyebaran va­rietas Ciherang terus berkembang di Indonesia terutama sejak tahun 2004 varietas ini telah menggeser domi­nasi IR 64 di Jawa Barat melalui Dr. Aan Andang Darajat seorang breeder Balai Besar Padi Sukamandi, vari­etas Ciherang mampu mengakomodir preferensi masyarakat Indonesia. Rasa nasi enak/pulen (Sunda), memi­liki potensi hasil tinggi dan tahan ter­hadap hama dan penyakit serta yang paling menentukan adalah sangat laku di pasaran dalam negeri karena memiliki rendemen yang tinggi.terangnya (pard).

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *