Babinsa Koramil 06/Sruweng Atasi Gulma Bersama Petani

Babinsa Koramil 06/Sruweng Atasi Gulma Bersama Petani

Babinsa Koramil 06/Sruweng Atasi Gulma Bersama Petani

KODIM    0709/KEBUMEN – Babinsa Koramil 06/Sruweng Kopka Ibnu Sutowo melaksanakan pendampingan pertanian dalam rangka melakukan kegiatan penyiangan tanaman padi varietas Ciherang di Desa Klepusanggar Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Minggu (14/2/16).

Kegiatan penyiangan ini dilakukan Babinsa mengingat banyak tanaman padi yang ditumbuhi rumput liar pada sela sela baris tanaman, hal ini diketahui Ibnu saat dirinya memantau perkembangan dan kondisi tanaman, dengan penuh semangat maka Kopka Ibnu mengajak para petani untuk melakukan penyiangan pada tanaman padinya, hal ini menjadi inisiatif Ibnu dalam kegiatan pendampingannya selaku Babinsa.

Kopka Ibnu mengatakan, “Tindakan paling dini dalam upaya menghindari kerugian akibat invasi gulma adalah pencegahan (preventif). Pencegahan dimaksud untuk mengurangi pertumbuhan gulma agar usaha pengendalian sedapat mungkin dikurangi atau ditiadakan. Pencegahan sebenarnya merupakan langkah yang paling tepat karena kerugian yang sesungguhnya pada tanaman budidaya belum terjadi. Pencegahan biasanya lebih murah, namun demikian tidak selalu lebih mudah. Pengetahuan tentang cara-cara penyebaran gulma sangat penting jika hendak melakukan dengan tepat, “ ujar Ibnu menerangkan.

Pelaksanaan pengendalian gulma hendaknya didasari dengan pengetahuan yang cukup mengenai gulma yang bersangkutan. Apakah gulma tersebut bersiklus hidup annual, biennial ataupun perennial, bagaimana berkembang biaknya, bagaimana sistem penyebarannya, bagaimana dapat beradaptasi dengan lingkungan dan dimana saja distribusinya, bagaimana bereaksi terhadap perubahan lingkungan dan bagaimana tanggapannya terhadap perlakuan-perlakuan tertentu termasuk penggunaan zat–zat kimia berupa herbisida.

Pengendalian gulma harus memperhatikan teknik pelaksanannya di lapangan (faktor teknis), biaya yang diperlukan (faktor ekonomis) dan kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkannya. Terdapat beberapa metode/cara pengendalian gulma yang dapat dipraktekkan di lapangan. Sebelum melakukan tindakan pengendalian gulma sangat penting mengetahui cara-cara pengendalian guna memilih cara yang paling tepat untuk suatu jenis tanaman budidaya dan gulma yang tumbuh disuatu daerah. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *