Kasdim 0709/Kebumen Bacakan Amanat Kasad Pada Upacara Bendera 17-an

Kasdim 0709/Kebumen Bacakan Amanat Kasad Pada Upacara Bendera 17-an

Kasdim 0709/Kebumen Bacakan Amanat Kasad Pada Upacara Bendera 17-an

KODIM 0709/KEBUMEN – Kasdim 0709/Kebumen Mayor Arm E. Supardjo bertindak selaku Inspektur upacara pada pelaksanaan kegiatan upacara bendera 17an yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0709/Kebumen bertempat dilapangan upacara Makodim Jalan Merak No. 1 Kebumen, Rabu (17/2/16).

Dalam amanat tertulisnya Kasad Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Kasdim 0709/Kebumen Mayor Arm E. Supardjo, mengatakan, upacara bendera seperti ini hendaknya tidak sekedar seremonial belaka, melainkan harus benar benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa nasionalisme, lebih lanjut dalam amanat Kasad dikatakan, pada akhir tahun 2015 yang baru lalu, ASEAN telah mencanangkan agenda ekonomi yang cukup ambisius yakni terwujudnya ASEAN ECONOMIC COMMUNITY atau yang sering disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana semua negara di kawasan Asia Tenggara menerapkan sistem perdagangan bebas dan terus mempersiapkan diri serta Sumber Daya Manusia untuk mampu bersaing menjadi pemenang dalam tata ekonomi kawasan tersebut.

Lebih jauh Kasad menyampaikan, Ada delapan profesi yang telah ditetapkan sebagai standar dan kompetensinya oleh negara partisipan MEA, artinya, delapan profesi ini akan memiliki akses mencari karir lintas negara. Profesi tersebut yakni Insinyur, Arsitek, Tenaga Pariwisata, Akuntan, Dokter Gigi, Tenaga Survei, Praktisi Medis dan Perawat.

Lanjut Kasad, walaupun profesi militer tidak masuk, namun kita juga perlu menyadari bahwa interaksi antar angkatan bersenjata negara negara anggota ASEAN akan semakin meningkat kualitas dan kuantitasnya melalui berbagai program kerjasama yang terjalin secara bilateral maupun multilateral.

Bagi para prajurit TNI AD dan PNS untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia secara pribadi maupun satuan dengan budaya belajar dan berlatih yang terarah, terukur dan berkesinambungan.

Kesadaran lain yang tidak boleh pudar yakni kepentingan bangsa tidak boleh terkorbankan karena MEA, semua negara negara ASEAN harus tetap mempertahankan nilai nilai luhur dari budaya nasional masing masing di tengah semakin menipisnya batas virtual antar negara, Bangsa Indonesia harus tetap berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara sekaligus falsafah hidup bangsa.

Dikatakan Kasad, TNI AD sebagai komponen utama pertahanan negara yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI, memiliki kepentingan yang sangat besar untuk menjamin agar nilai nilai luhur bangsa tidak terkikis oleh tuntunan liberalisasi dan regionalisasi yang diwadahi oleh MEA. Terkait hal tersebut saya minta seluruh prajurit dan PNS TNI AD tetap memegang teguh jati dirinya, serta terus meningkatkan implementasinya dari karakter dasar keprajuritan yakni loyalitas, moralitas dan integritas agar menjadi bagian dari TNI AD yang semakin Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat, sebagaimana yang ditetapkan dalam tema Rapim TNI Tahun 2016 yang lalu dan Pemerintah berjanji akan meningkatkan kesejahteraan para prajurit, PNS dan keluarganya seperti pemenuhan kebutuhan pangkalan, perumahan, pelayanan kesehatan dan pendidikan “ kata Kasad

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan pengarahan oleh Kasdim 0709/Kebumen Mayor Arm E. Supardjo kepada seluruh prajurit dan PNS Kodim. (pard)

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *