Anggota Kodim 0709/Kebumen Pendampingan Giat PIN Polio

     

    Anggota Kodim 0709/Kebumen Pendampingan Giat PIN Polio

    Anggota Kodim 0709/Kebumen Pendampingan Giat PIN Polio

    KODIM 0709/KEBUMEN, Anggota Kodim 0709/Kebumen Pelda Waldiman melaksanakan kegiatan pendampingan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kelurahan Selang Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Kamis (10/3/16).

    Kegiatan pemberian vaksin Polio dan penimbangan Balita tersebut di selenggarakan di lingkungan RW 10  yang dihadiri oleh tim Puskesmas Kebumen Ibu Bidan Tugirah yang dibantu Pelda Waldiman anggota Kodim 0709/Kebumen dan Ibu ibu PKK lingkungan RW 10 Kelurahan Selang Kebumen dengan hasil vaksin Polio sebanyak 42 anak Balita.

    Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 selesai pukul 11.30 Wib berlangsung tertib, dalam kegiatan ini Pelda Waldiman mengatakan, “Tercapainya sasaran imunisasi bagi Balita merupakan upaya pemerintah untuk mencegah terjangkitnya penyakit Polio yang sangat membahayakan bagi anak usia 0-59 bulan, kegiatan ini jug sebagai langkah antisipasi, dan memberikan kekebalan tubuh bagi anak anak Balita.

    Lebih lanjut dikatakan Waldiman, PIN Polio merupakan bentuk pemberian imunisasi tambahan terhadap Balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada Balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio di Tanah Air.

    Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis penyakit polio adalah anak dibawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut. Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam, nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan
    yang tidak ditangani segera.

    Warga saya minta peduli kebersihan baik badan dan lingkungan, meski sudah menerima imunisasi, tetapi harus tetap memperhatikan kebersihan termasuk saat hendak makan, awasi kegiatannya, bagi ibu ibu jika si anak mengalami kelainan pada tubuh segera lakukan tindakan awal dengan membawanya ke rumah sakit terdekat, walaupun hal tersebut bukan terindikasi oleh virus Polio, “ ujar Waldiman menjelasakan disela sela kegiatannya.

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *