Dandim 0709/Kebumen Panen Perdana Padi Ciherang

Dandim 0709/Kebumen Panen Perdana Padi Ciherang

Dandim 0709/Kebumen Panen Perdana Padi Ciherang

KODIM 0709/KEBUMEN, Komandan Kodim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Czi Priyo Sambodo, S.I.P melaksanakan kegiatan panen perdana padi ciherang bersama kelompok tani dan masyarakat Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen, Rabu (23/3/16).

Panen kali ini menggunakan teknologi pertanian sekaligus uji coba mesin panen mini Rice Combine Harvester bantuan dari Kementan RI melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kab Kebumen yang diterima “Gapokan Murah Rejeki”.

Dengan mesin Rice Combine Harvester mampu memanen padi dalam satu hari bisa mencapai 1 hektare untuk satu kali operasional mesin, ini lebih cepat jika menggunakan tenaga manual, sementara hasil panen  kali ini mampu mencapai 9,3 Ton per hektare,  hasil yang cukup membanggakan jika dibandingkan pada tahun lalu hanya mampu mencapai 8,1 Ton per hektare.

Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Kopka Suratno, mengatakan, “Para petani merasakan adanya perbedaan saat tidak menggunakan mesin, melalui mesin Rice Combine Harvester ini, panen lebih cepat selesai, dan yang jelas kita tidak terlalu lama di sawah, disamping itu bisa dilakukan tanam cepat atau istilah lain yakni sebar pethuk,” katanya

Pada kesempatan tersebut Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Priyo Sambodo, S.I.P mengatakan kepada para Babinsa dan para anggota Poktan “Murah Rejeki” agar lebih memperhatikan perawatan mesin agar masa pakai bisa lama, semangat dalam rangka pencapaian sukses swasembada pangan nasional harus tetap dipatri dalam diri individu para petani, pemanfaatan bantuan mesin pertanian ini, dimaksudkan sebagai upaya pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan mandiri dan dapat mencapai surplus beras, mesin panen Rice Combine Harvester cukup efektif saat kita gunakan, dan mampu memanen 1 hektare untuk satu hari, sekali lagi saya minta lakukan perawatan secara intensif dan berkala agar mesin dapat bertahan lama, “ katanya  (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *