Gali Potensi Wilayah Dengan Mendaur Ulang Sampah

    Gali Potensi Wilayah Dengan Mendaur Ulang Sampah

    Gali Potensi Wilayah Dengan Mendaur Ulang Sampah

    KODIM 0709/KEBUMEN, Dari dahulu sampah adalah topik yang dibahas tidak ada habisnya dan dimanapun berada sampah dianggap sebagai masalah utama dalam kehidupan sehari – hari. Seperti halnya Desa Semali Kecamatan Sempor, Kab. Kebumen dimana di Desa ini terdapat tempat pembuangan akhir (TPA), Selasa (22/3/16).

    Orang memandang sebelah mata terhadap sampah padahal dari barang – barang bekas inilah banyak masyarakat bergantung karena dapat menghasilkan atau mendapatkan uang dari hasil mulung.

    Dengan adanya potensi tersebut Kopda Sukirman Babinsa Desa Semali mengambil inisiatif membantu warga dengan memberikan dorongan semangat agar warga mau memanfaatkan sampah tersebut.

    Hal ini dilakukan Babinsa Sukirman memberikan pembinaan desa agar masyarakat mau memanfaatkan potensi sampah menjadi potensi sumber penghasilan guna mencukupi kebutuhan sehari – hari.

    Banyak macam sampah yang bisa dimanfaatkan seperti sampah organik dapat di daur ulang untuk pembuatan pupuk organik untuk mencukupi kebutuhan pupuk para petani di seputaran TPA, sedangkan sampah non organik akan dipisahkan sesuai dengan jenisnya setelah itu akan dipul dan dikirim ke pengepul untuk didaur ulang.

    Dengan pemanfaatan potensi sampah, perekonomian warga dapat terbantu, situasi ini dilakukan Kopda Sukirman secara bertahap sesuai kebutuhan waktu saat warga tidak pergi ke ladang masing-masing, pemberian pembinaan ini dilakukan dengan diharapan dapat menjadi nilai tambah bagi warga Desa Semali terutama meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian. “Janganlah memandang sebelah mata terhadap sampah kalau diolah dan dimanfaatkan akan berguna tapi kalau dibiarkan akan menjadi bencana, “ ujar Sukirman. (Pard)

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *