Kodim 0709/Kebumen Ciptakan Lahan Terbuka Hijau

 

Kodim 0709/Kebumen Ciptakan Lahan Terbuka Hijau

Kodim 0709/Kebumen Ciptakan Lahan Terbuka Hijau

KODIM 0709/KEBUMEN, Desa Srati Kec. Ayah Kab. Kebumen kini menjadi sasaran program penghijauan yang digelar Kodim 0709/Kebumen beserta seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kec. Ayah. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar yang didampingi Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur Teguh Widodo, jajaran Muspika Kec. Ayah, para Danramil jajaran Kodim 0709/Kebumen, Ketua Dishutbun Kab. Kebumen, Para Kades dan warga masyarakat setempat, Senin (21/03/16).

Dalam sambutan Dandim 0709/Kebumen yang dibacakan Kepala Staf Kodim mengatakan, “Gerakan penanaman bersama dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global di wilayah Kabupaten Kebumen Tahun 2016. Saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan penghijauan ini. Terlebih, di Tahun 2015 lalu, Kecenderungan merosotnya kualitas lingkungan telah kita rasakan diberbagai wilayah di Indonesia termasuk di kawasan wilayah Kecamatan Ayah ini.  Jarak antara perusakan lingkungan dengan dampak yang ditimbulkan sudah semakin dekat. Apabila hari ini pohon kita tebang maka hampir dapat dipastikan longsor akan terjadi di musim hujan berikutnya.

Eksploitasi kekayaan alam yang berlangsung tanpa memperhatikan lingkungan ternyata telah menyebabkan kerugian yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Untuk mengurangi dan mencegah rusaknya lingkungan maka seluruh pihak harus berperan dalam mempertahankan kualitas lingkungan.

Oleh karena itu, Kodim 0709/Kebumen mengajak seluruh lapisan masyarakat agar lebih pro aktif melakukan berbagai upaya penghijauan lingkunan, adapun tema yang kita usung dalam gerakan penghijauan kali ini ialah “Melalui kegiatan penghijauan kita wujudkan gerakan Indonesia menanam pohon dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global. ”

Tema ini memberikan dasar akan pentingnya penghijauan dikarenakan Bumi ini bukan warisan nenek moyang melainkan pinjaman dari anak cucu yang harus kita kembalikan ke anak cucu kita lagi.

 Gerakan Penghijauan kali ini akan memberikan kontribusi kuat terkait ruang terbuka hijau yang memiliki tujuan utama untuk membatasi perkembangan suatu penggunaan lahan atau membatasi aktivitas satu dengan aktivitas lainnya agar tidak saling mengganggu.

Hal ini dikandung maksud bahwa gerakan penghijauan dengan cara penanaman pohon merupakan salah satu konsep perencanaan wilayah/kota. Kehadiran penghijauan itu sendiri, seharusnya dipandang tidak saja dari fungsi fisik, tetapi juga fungsi ekologi dan juga fungsi sosial, sekaligus mampu mengakomodir sarana rekreasi alam, produksi pertanian, fungsi lindung dan fungsi hutan. Pentingnya gerakan penghijauan bagi lingkungan sekitar kita tentunya akan bisa berpengaruh baik terhadap manusia dan spesies yang ada didekatnya. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan dan krisis air bersih.

Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan yang akan mengakibatkan menurunya angka kesehatan masyarakat itu sendiri. Gerakan penghijauan adalah salah satu upaya untuk menangani hal tersebut, ini merupakan langkah awal yang berdampak besar bagi kelangsungan hidup mahluk-mahluk lainnya di masa yang akan datang.

Pentingnya gerakan penghijauan untuk menjaga agar kawasan dimana pertaniankehutanan dan kawasan terbuka hijau untuk tetap membentang. Tujuan mendasar dari menanam pohon ini adalah untuk mencegah kerusakan lingkungan, memperbaiki ekosistem dengan menjaga lahan terbuka hijau secara permanen, dan oleh karena itu atribut yang paling penting dari penanaman pohon ini adalah keterbukaan mereka. Dari pengertian tersebut, kita bisa mengetahui tujuan dari gerakan penghijauan.

 Harapan kedepan kita lebih peduli dengan lingkungan dan memperhatikan kepentingan lainnya, tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara pelestarian lingkungan maka penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu, karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita. Kami mengajak kepada masyarakat agar melakukan penghijauan secara berkesinambungan dan harus yakin bahwa kegiatan ini membawa dampak positif. Peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan sangat penting sekaligus menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dirawat dan dipelihara.

Mengingat anak dan cucu kita juga perlu dan berhak  atas udara segar untuk bernafas, tanah yang subur untuk bercocok tanam, air jernih untuk sumber kehidupan, dan kondisi sosial budaya yang layak untuk hidup. Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan penghijauan seperti yang hari ini dilaksanakan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana.

Semoga pelaksanaan grakan penghijauan pada hari ini sukses demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dimasa mendatang. (pard)

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *