Kodim 0709/Kebumen Terima Alat Tanam Padi (Rice Transplanter)

 

Kodim 0709/Kebumen Terima Alat Tanam Padi (Rice Transplanter)

Kodim 0709/Kebumen Terima Alat Tanam Padi (Rice Transplanter)

KODIM 0709/KEBUMEN.     Sebanyak lima unit alat tanam padi (Rice Transplanter) diterima Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur Teguh Widodo siang kemarin di halaman Makodim setempat, bantuan dari Dir Alsintan Ditjen PSP Kementan RI dengan merk dan model Crown Indojarwo tersebut berasal dari sumber APBN-P TA. 2015, Selasa (15/3/16).

Menurut Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur mengatakan, Alat ini akan mulai digunakan pada masa tanam kedua yakni pada bulan April sampai September, nanti akan kita gunakan terutama untuk lahan demplot kerjasama Kodim dengan Gapoktan, Distannak maupun dengan anggota PPL, namun alat ini nanti bisa kita gunakan untuk lahan selain demplot, karna cara kerja alat ini secara otomatis maka akan bisa menghemat waktu tanam, sehinga dengan alat ini kita bisa mengejar  target tanam dan luas tanam“ ujarnya.

Rice Transplanter model Crown Indojarwo, didesaign untuk sistem tanam jajar legowo 2:1 yang mampu menghasilkan populasi tanam 213.000 tanaman/hektar atau 33,31% lebih banyak disbanding metode tegel 25 cm x 25 cm, dengan populasi tanaman hanya 160.000/Ha.

Akhirnya jika penyiapan lahan dapat dipersingkat diharapkan musim tanam padi dapat berlangsung lebih cepat sehingga luas tanam padi bertambah, salah satunya dengan penggunaan traktor dan Alsintan Rice Transplanter, kedua alat ini harus seiring sejalan agar pencapaian target cepat terpenuhi, disamping itu juga dengan alat ini, efisiensi waktu kerja, mengurangi biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi pertanian.

Rice Transplanter dengan nama Indo Jarwo Transplanter 2:1 ini, disamping dapat mempercepat waktu dan hemat biaya tanam, mesin ini juga diharapkan dapat mensubtitusi, artinya 1 Ha bibit padi, satu unit mesin Indo Jarwo memerlukan waktu sekitar 5-6 jam atau kemampuannya setara dengan 25 tenaga kerja tanam. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *