Koramil 12/Ambal Pembenahan Irigasi Desa Sidoluhur  

 

Koramil 12/Ambal Pembenahan Irigasi Desa Sidoluhur   

Koramil 12/Ambal Pembenahan Irigasi Desa Sidoluhur

KODIM 0709/KEBUMEN, Anggota Koramil 12/Ambal melaksanakan kegiatan karya bakti normalisasi saluran irigasi di Desa Sidoluhur Kecamatan Ambal Kab. Kebumen, Rabu (9/3/16).

Kegiatan normalisasi pembenahan saluran irigasi ini dilakukan bersama dengan masyarakat dan kelompok tani Jombor, sebagai langkah dan upaya menormalkan kembali aliran air di sepanjang irigasi tersebut, lantaran sempat sebelumnya terhambat oleh longsoran kecil tanah tanggul, menurut keterangan warga, terhambatnya arus sungai ini disamping tertutup rumput juga disebabkan oleh kerusakan tanggul yang berguguran karena lubang – lubang rumah kepiting,  Suhadi (45) mengatakan, “secara perorangan telah saya dilakukan upaya pembenahan, namun berulang diperbaiki tetap terjadi longsoran kecil yang disebabkan oleh lubang rumah kepiting,”terangnya.

Menurut keerangan lain, kegiatan normalisasi ini sudah direncanakan pada pertemuan kelompok tani bulanan. Disamping factor tersebut diatas karena seringnya banjir dan luapan irigasi yang ada disebelah utara Desa ditambah dengan irigasi yang membelah  Desa di lingkingkungan RT 01 RW 01, disamping itu pula terjadi pendangkalan dan terutama banyaknya rumput menutupi parit sehingga menghambat laju aliran irigasi. Sehingga berakibat timbulnya banjir yang menggenangi sawah.

Kegiatan karya bakti ini sebagai upaya pendampingan pertanian terkait upaya khusus Babinsa guna memberikan semangat dan motivasi, hasilnya masyrakat merasa senang dan semangat selama bekerja (Pard).

 

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *