Koramil 22/Ayah dan Warga Normalisasikan Sungai Sangon  

     

    Koramil 22/Ayah dan Warga Normalisasikan Sungai Sangon   

    Koramil 22/Ayah dan Warga Normalisasikan Sungai Sangon

    KODIM 0709/KEBUMEN,    Kegiatan karya bakti pembersihan sampah rumput dan normalisasi arus sungai sangon di Desa Bulurejo Kec Ayah Kab Kebumen dilakukan anggota Koramil 22/Ayah dengan mengerahkan warga desa setempat, Rabu (9/3/16).

    Sungai Sangon Desa Bulurejo memiliki panjang 3.200 meter dan lebar 6 meter, merupakan sebuah akses yang mampu mengairi sawah seluar 25 hektare di desa tersebut, kini kondisinya sebagian permukaan dan kanan kiri tanggul sungai mulai ditumbuhi rumput – rumput liar, kondisi ini sudah pasti menghambat aliran sungai, atas dasar kondisi inilah muncul upaya Koramil 22/Ayah yang dipimpin langsung Danramil 22/Ayah Kapten Czi Saliyo mengerahkan anggota dan warga desa setempat untuk mengatasinya dengan melakukan kegiatan karya bakti membersihkan sampah dan rumput yang menutupi aliran sungai Sangon.

    Sungai Sangon yang letaknya di ujung paling barat wilayah Kab Kebumen dan berbatasan langsung dengan wilayah Kab Cilacap. Dilokasi tersebut terdapat tiga buah sungai besar yang membentang dari arah utara menuju arah selatan yang kesemuanya bermuara menuju laut Logending Kec. Ayah, Kebumen.

    Sungai tersebut merupakan  tampungan dari empat wilayah sebelah barat dari Kec Nusawungu Kab Cilacap, sebelah utara dari Kec Sumpyuh Kab Banyumas dan dari Kec. Tambak Kab Banyumas untuk dari timur yakni dari Kec. Rowokele Kab Kebumen.

    Normalisasi ini merupakan upaya solusi yang paling tepat untuk mengantisipasi luapan air dari keempat wilayah tersebut. Sungai tersebut juga merupakan tampungan apabila air laut mengalami pasang, oleh sebab itu setiap air laut pasang air akan bergerak ke atas sampai kesebagian sawah masyarakat Desa Bulurejo, yang akibatnya dapat menggenangi persawahan warga.

    Disamping melaksanakan pembersihan rumput yang menutupi arus sungai, dilakukan juga  pengerukan dasar sungai dan penguatan dinding sungai/tanggul sungai sehingga sungai tersebut lebih terlihat bersih dan kuat. Danramil 22/Ayah Kapten Czi Saliyo berharap, melalui kegiatan ini memberikan solusi positif utamanya dapat menjawab pertanyaan warga selama ini (Pard).

     

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *