Mentan RI di Minta Petani, Hentikan Impor Beras

 

Mentan RI di Minta Petani, Hentikan Impor Beras

Mentan RI di Minta Petani, Hentikan Impor Beras

KODIM  0709/KEBUMEN, Kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, MP disambut jajaran FKPD Kab. Kebumen dan sejumlah Gapoktan serta masyarakat Kebumen dalam acaran peninjauan Seribu Desa Mandiri Benih di Desa Ambarwinangun Kec. Ambal Kab. Kebumen, Selasa (1/3/16).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Bupati Kebumen Ir. H. Muhammad Fuad Yahya, SE yang didampingi Kadistannak Kebumen Ir. Pudji Rahayu, Dandim 0709/Kebumen yang diwakili Kasdim Mayor Arm E. Supardjo dan tamu undangan lainnya turut serta mengikuti kegiatan pengarahan Mentan RI di Desa Ambarwinangun Kebumen.

Dalam acara kunjungan Menteri Pertanian kali ini, Bupati Kebumen Ir. H. Muhammad Fuad Yahya, SE, memberikan penjelasan tentang kondisi wilayah Kab. Kebumen dan rencana benih perkelompok yang kini tengah mencapai sebanyak 30 ton, sehingga ada sekitar 150 ton benih dan mampu mensuplai 6.000 Ha, sedangkan target luas tanam di wilayah Kab. Kebumen pada tahun 2016, menurut Fuad, yakni 80,720 Ha sehingga membutuhkan benih 2.018 ton benih.

Lanjut Bupati, saat ini Kabupaten Kebumen terdapat 19 produsen benih dengan prediksi produsen benih tiap tahun sebanyak 2,796 ton benih dan mampu mencukupi 111,840 Ha, dengan demikian terdapat surplus produksi benih sebanyak 778 ton. Sementara disisi lain Bupati Kebumen juga menjelaskan tentang kondisi luas sawah yakni 39,748 Ha dengan didukung oleh sebanyak 460 Poktan, dengan rata rata surplus 200.000 ton gabah kering giling (GKG) per tahun.

Usai pemaparan Bupati, Menteri Pertanian RI (Mentan) Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, MP, berkenan melaksanakan dialog dengan warga Kebumen dan meninjau tanaman padi yang kini sudah memasuki masa berbuah.

Dalam kesempatan dialog dengan masyarakat Ambal, Mentan meminta agar warga menjual hasil panennya nanti ke Bulog agar bangsa Indonesia tidak lagi mengimpor beras dari negara luar, pada akhir dialognya Mentan sempat memberikan satu unit mesin traktor kepada Mujiono warga Desa Ambarwinangun Kebumen, atas pertanyaannya, meminta supaya Mentan tidak melakukan impor beras lagi dan warga berjanji akan menjual berasnya ke Bulog. (pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *