Upaya Baru Babinsa Panen Padi Gogo Usia 65 Hari  

     

    Upaya Baru Babinsa Panen Padi Gogo Usia 65 Hari   

    Upaya Baru Babinsa Panen Padi Gogo Usia 65 Hari

    KODIM  0709/KEBUMEN,    Babinsa Koramil 18/Puring Kopka Waluyo bersama UPT Pertanian Kecamatan Puring melaksanakan panen padi perdana jenis padi Gogo hasil ujicoba varietas benih dari Batan kegiatan yang dilakukan bersama kelompok tani Sumber Makmur wilayah RT 01 RW 03 Desa Banjareja Kec. Puring Kab. Kebumen ini, disambut gembira para petani dan masyarakat desa setempat, Sabtu (5/3/16).

    Panen perdana program uji coba varietas padi Gogo dengan benih dan proses pembibitan dari Batan ini sebanyak 12 macam, yang pengerjaannya oleh Babinsa dan UPT pertanian Kec. Puring kepada kelompok tani Sumber Makmur Ds. Banjareja dengan ketua kelompok Bpk Kasiman (54) yang rencananya kegiatan uji coba ini akan dilakukan sampai dengan 3 kali pengulangan masa tanam.

    “Hasil panen benih rata rata mencapai hasilnya baik dan bisa memenuhi syarat padi genjah dengan usia tanam hanya 65 hari, yang dihitung mulai tanam sampai dengan panen. Padi Gogo dengan varietas Batan ini merupakan trobosan baru sekaligus memberikan solusi bahwa selain hamparan sawah, hamparan ladang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan padi unggulan, seperti yang baru saya panen ini, “ kata Kopka Waluyo menjelaskan saat dirinya sedang mengikuti kegiatan panen perdananya itu.

    Menurut Kasiman (54), “Pihaknya akan segera mensosialisasikan hasil panen kali ini kepada para petani lain, dimana lahan yang semula susah ditanami padi, kini dengan varietas Gogo Batan dapat menghasilkan tanaman padi dengan usia yang relative singkat yakni Cuma 65 hari, pihaknya akan coba mengembangkan secara intensif demi ketercapaian sasaran swasembada pangan diwilayahnya, ujar Kasiman. (Pard).

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *