Dandim 0709/Kebumen Pimpin Upacara Pemakaman Tokoh Pejuang Tiga Zaman

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Upacara Pemakaman Tokoh Pejuang Tiga Zaman

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Upacara Pemakaman Tokoh Pejuang Tiga Zaman

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Czi Priyo Sambodo, S.I.P. bertindak selaku irup pada kegiatan upacara pemakaman atas meninggalnya Ketua LVRI Cabang Markas Kebumen H.R Soenarto Danoesoemarto Kamis 21 April 2016 yang baru lalu, Jenazah di Kebumikan di pemakaman keluarga pukul 14.00 di TPU Desa Tunjungseto Kec. Sempor Kab. Kebumen.

Tokoh pejuang asal Kec. Gombong, sekaligus pelaku sejarah tiga zaman yang saat ini menjabat sebagai Ketua LVRI wilayah Kedu, H.R Soenarto Danoesoemarto, Kamis (21/4) sekitar pukul 14.15 tutup usia jelang usia ke 89 di rumah putranya di Jl Kalimantan, Yogyakarta.

Pemakaman tokoh veteran ini dilepas dengan penghormatan militer yang langsung dipimpin Dandim 0709/Kebumen. Sebelumnya, jenazah disemayamkan di rumah duka gang Sindoro Gombong. para tokoh masyarakat hingga pejabat datang silih berganti untuk bertakziyah ke rumah duka eyang Narto begitu panggilannya.

Menurut salah seorang anaknya, Bambang Priyambodo menuturkan, Eyang Narto menderita sakit sejak beberapa waktu yang lalu dirawat di rumah sakit di Yogyakarta. Meski sudah tergolong sepuh, beliau setiap kegiatan upacara peringatan hari besar nasional termasuk kegiatan 17 Agustus, aktif hadir pakaian khas Veteran lengkap dengan tanda jasa. Eyang Narto pun juga aktif memberi ceramah di berbagai forum. Bahkan di masa akhir hidupnya seolah diabdikan untuk berceramah tentang sejarah perjuangan dan nasionalisme. ‘’Beliau dikenal runut setiap mengisahkan peristiwa sejarah dan perjuangan selama masa revolusi fisik di wilayah Gombong, Kebumen maupun nasional,’’ ujarnya Bambang. (Pard)

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *