Kapos Ramil Poncowarno Gerakan Warga Cintai Penghijauan

Kapos Ramil Poncowarno Gerakan Warga Cintai Penghijauan

Kapos Ramil Poncowarno Gerakan Warga Cintai Penghijauan

KODIM 0709/KEBUMEN, Kapos Ramil Poncowarno Pelda Muji Slamet dengan beberapa anggota Pos Ramil lainnya melaksanakan kegiatan penghijauan dengan dibantu oleh Kades, Para Ketua RT dan Masyarakat, secara terpadu dan dalam suasana gotong royong, ikut menanam pohon jati sebanyak 20 batang di Sekitar Obyek wisata Jembangan dan di sekitar TPU Desa Kedungdowo. Sabtu (2/3/16).

Tujuan kegiatan penghijauan ini selain untuk menciptakan ruang terbuka hijau juga sebagai bentuk pelestarian lingkungan, sebagai warisan anak cucu kelak, sekaligus mengajak masyarakat turut menjaga kelestarian alam. Pada sisi lain manfaat penghijauan juga sebagai bagian dari paru paru alam, bayangkan jika tidak ada pohon, dapat dipastikan panas dan zat hijau daun tidak bisa menyaring sinar matahari untuk bumi. Manfaat lain dengan gerakan penhijauan ini yaitu :

Mampu menghasilkan oksigen.

Tanaman hijau merupakan penghasil oksigen terbesar untuk kehidupan di bumi ini. Dengan melakukan penanaman pohon maka jumlah karbondioksida disekitar pohon itu akan berkurang yang berarti juga mengurangi polusi yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Sebagai penyimpan Air Tanah

Air hujan yang jatuh langsung ke tanah akan hilang begitu saja jika tidak ada akar tanaman yang mengikatnya. Dengan curah hujan yang tidak menentu dan musim kemarau yang semakin sulit ditebak, dapat mensiasati ketersediaan air dengan menanam pohon yang akan menjadi penampung air alami.

Lahan yang dibiarkan terbuka juga membuat suasana terlihat kering dan gersang. Seperti Jati merupakan salah satu tanaman keras yang akan mampu menjerap air lebih baik sebagai persediaan air ketika musim kemarau tiba. Selain dengan menanam tanaman juga sekaligus bisa membuat biopori untuk menampung air hujan yang jatuh ke tanah. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *