Panen Raya dan Serapan Gabah oleh Kepala BPPSDMP Kementan RI

Panen Raya dan Serapan Gabah oleh Kepala BPPSDMP Kementan RI

Panen Raya dan Serapan Gabah oleh Kepala BPPSDMP Kementan RI

KODIM 0709/KEBUMEN, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia Ir. Pending Dadih Permana, Msc. Dev yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Prov Jateng, Kepala Bakorluh Prov Jateng dan Kepala Bulog se wilayah Kedu, melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Kebumen tepatnya di Desa Sidabunder Kec. Puring. Acara tersebut diawali dengan Panen Raya, kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif serapan gabah oleh Bulog. Sabtu (2/4/2016).

Dalam kunjungannya di Kab. Kebumen disambut jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kab. Kebumen beserta para Assisten Sekda dan Para Staf Ahli Bupati, Camat Puring, Danramil Puring, Pasiter Kodim 0709/Kebumen, Kapolsek Puring, Kades Sidabunder, para anggota Gapoktan dan Masyarakat setempat.

Dalam sambutan Bupati Kebumen yang dibacakan wakil Bupati Kebumen H. Yazid. Mahfudz, mengatakan, “Kebumen memiliki 66 tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL) PNS dan 112 Tenaga harian tenaga lepas – tenaga bantu penyuluh pertanian, 26 Gedung BPP Kec, 143 unit Posluhdes, 1.808 kelompok tani, 460 Gapoktan, 350 kelompok perkumpulan petani pengguna air (P3A) dan 174 Penyuluh Pertanian Swadaya.

Disampaikan Yazid, untuk Kab. Kebumen menjadi penyangga produksi beras di Provinsi Jateng dengan produksi padi setiap tahun selalu suplus rata-rata 200.000 Ton Gabah Kering Giling (GKG) hal ini diterapkan sesuai SK Bupati kebumen tentang pola tanam Padi-Padi-Palawija dengan demikian berpengaruh pada organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti wereng dan penggerek batang. Selain itu di Kab. Kebumen juga telah diadakan kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Penyakit (SLPHT) dan sekolah lapang iklim (SLI) juga menumbuhkan keswadayaan pembuatan RUBUHA (Rumah Burung Hantu).

Sementara itu menurut keterangan wakil Bupati juga dikatakan, bahwa realisasi produksi tahun 2015 di Kabupaten Kebumen mencapai 516.355 Ton, sedangkan realisasi produksi Kec. Puring tahun 2015 sebesar 38.440 Ton atau 7,45 % produksi Kab. Kebumen. Realisasi luas tanam Kab. Kebumen sampai minggu ke 4 bulan Maret seluas 44.045, 56 Ha, sementara realisasi luas panen sampai minggu ke 4 Maret seluas 9.816 Ha, “ papar Yazid.

Usai Laporan Wakil Bupati, acara dialnjuutkan pelaksanaan panen raya dan dialog interaktif bersama masyarakat terkait serapan gabah. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *