Babinsa Bantu Jemur Jagung Desa Kedungsari

    Babinsa Bantu Jemur Jagung Desa Kedungsari

    Babinsa Bantu Jemur Jagung Desa Kedungsari

    KODIM 0709/KEBUMEN, Dalam rangka mencapai upaya swasembada pangan tidak mutlak pada titik berat padi dan kedelai, jagung juga merupakan komoditi penting dari kebutuhan pangan kita sehari-hari, sebagaimana yang  tengah dilakukan Babinsa anggota Koramil 15/Klirong dalam kegiatannya bersama kelompok tani Makmur di Desa Kedungsari melakukan penjemuran jagung yang baru saja dipanen.

    Adapun jenis jagung yang ditanam kelompok tani Makmur yakni jenis Bisi 2 bertongkol besar dari hasil panen jagung kali ini mampu mencapai 13,65 ton per hektar pipilan kering.  Sedangkan rata-rata adalah sekitar 10,38 ton per hektar pipilan kering, Sabtu (18/6/16).

    Kandungan karbohidrat pada biji jagung mampu mencapai sekitar 70,50%, kandungan bahkan kandungan protein bisa mencapai sekitar 9,5% dan kandungan lemak sekitar 3,8%. Jagung ini bisa dipanen saat masak fisiologis yaitu umur  sekitar 102 hari pada dataran rendah sedangkan pada dataran tinggi saat umur sekitar 130 hari.

    Jagung Bisi 2 tongkol besar  ini juga cocok dipanen muda untuk konsumsi yaitu umur sekitar 65-70 hari.  Dengan kadar kemanisan bisa mencapai 8% maka jagung ini cocok juga untuk direbus atau dibakar sebagai santapan yang lezat. (Pard)

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *