Babinsa Koramil 15/Klirong Lakukan Penyelamatan Bahaya Gigitan Nyamuk

Babinsa Koramil 15/Klirong Lakukan Penyelamatan Bahaya Gigitan Nyamuk

Babinsa Koramil 15/Klirong Lakukan Penyelamatan Bahaya Gigitan Nyamuk

KODIM 0709/KEBUMEN, Anggota Koramil 15/Klirong melaksanakan kegiatan pengasapan sebagai upaya pemberantasan sarang nyamuk guna langkah antisipasi dan tindak lanjut penanganan di lapangan, sebagaimana yang dilakukan di Desa Kebadongan Kec. Klirong Kab. Kebumen.

Fogging atau pengasapan adalah salah satu tindakan yang dilakukan Babinsa bersama Dinas Kesehatan Kab. Kebumen untuk membasmi nyamuk aedes aegypti, penyebab penyakit demam berdarah. Manfaat fogging adalah untuk membasmi nyamuk aedes aegypti. Sebenarnya tidak hanya nyamuk tersebut, tetapi juga nyamuk serta serangga lainnya. Tapi ada yang harus Anda garis bawahi, fogging ternyata hanya bisa membasmi nyamuk dewasa. Sedangkan fogging tidak bisa membasmi benih nyamuk. Jadi solusi terbaik untuk membasi benih nyamuk dengan 3M, menguras, menutup dan mengubur benda-benda yang bisa digenangi air.

Ketika fogging dilakukan ditempat Anda, selama 3 hari kedepan rumah Anda dapat dipastikan tidak ada nyamuk. Tetapi setelah 3 hari, nyamuk-nyamuk serta serangga akan kembali lagi. Kenapa? Karena fogging tidak bisa menyeluruh membasmi sampai ke jentik-jentik nyamuk. Jadi sebenarnya fogging adalah pemberantasan nyamuk untuk jangka pendek.

Fogging biasanya dilakukan ketika di suatu daerah atau tempat terdapat kasus DBD yang sampai menjangkit 3 sampai 5 orang di dalam suatu daerah. Kemudian fogging dilakukan sampai radius 100 meter dari tempat ditemukan kasus DBD.

Kopka Eko Purwanto, mengatakan, “Pencegahan penyakit demam berdarah harus dilakukan dengan cara 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur benda-benda yang bisa digenangi air. Menguras bak mandi minimal seminggu sekali, menutup tempat penampungan air serta mengubur benda-benda yang tidak penting. Selain itu, menjaga kebersihan di rumah dan sekitar rumah agar terhindar dari terjadinya DBD.

Lanjut Eko. Walaupun banyak yang mengatakan fogging tidak efektif, tetapi manfaatnya juga sangat membantu untuk membasi nyamuk demam berdarah. Tetapi ingat, manfaat fogging tidak akan terlihat ketika tidak menjaga kebersihan, “ Tuturnya. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *