Babinsa Koramil 15/Klirong Pendampingan Pemupukan Tanaman

Babinsa Koramil 15/Klirong Pendampingan Pemupukan Tanaman

Babinsa Koramil 15/Klirong Pendampingan Pemupukan Tanaman

KODIM 0709/KEBUMEN, Anggota Koramil 15/Klirong Serma Bambang. PH bersama  masyarakat anggota tani dari Kelompok tani Krida Tani Desa Bumiharjo melaksanakan kegiatan perawatan tanaman padi dalam rangka pemupukan tanaman padi yang sudah berumur 30 hari, Selasa (7/6/16).

Kegiatan yang dilakukan Babinsa Koramil 15/Klirong tersebut merupakan sebagai kegiatan upaya khusus (Upsus) yang sudah berjalan sejak masa tanam tahun 2015 hingga saat ini, hal ini sebagai bentuk kepedulian dan loyalitas Babinsa di lapangan dalam rangka mendukung suksesnya swasembada pangan Nasional.

Ketua Kelompok tani Krida Tani Bpk. Mugiharjo Ds Bumiharjo merasakan manfaatnya berkat bantuan Babinsa di desanya, “ pasalnya dengan pelibatan Babinsa, biaya pertanian dapat ditekan seminim mungkin, sehingga tidak perlu mengeluarkan upah buruh, bahkan bisa dialihkan untuk pembiayaan lain, “ ujar Mugi disela-sela kegiatannya memupuk tanaman.

Pada pemupukan dasar, tanah dibuat macak-macak dan pintu air ditutup kemudian dilakukan pemupukan dengan dosis 500 kg Petroganik, 150 kg PHONSKA, 50 kg Urea per hektar, atau 500 kg Petroganik, 150 kg PHONSKA dan 100 kg ZAper hektar. Cara aplikasinya, pupuk dicampur merata hingga homogen dan disebar merata pada lahan sawah. Untuk menanggulangi hama sebaiknya diberikan 17 kg Petrofur-3G per hektar disebar merata bersama pupuk dasar.

Pupuk susulan pertama diberikan pada umur 15-20 hari setelah tanam dengan dosis 150 kg PHONSKA dan 50 kg Urea per hektar. Pupuk susulan kedua diberikan pada umur 30-35 hari setelah tanam dengan dosis 100 kg Urea per hektar. Pemberian pupuk susulan sebaiknya dilakukan setelah daun tanaman kering (tidak ada embun yang menempel pada daun) agar pupuk tidak menempel pada daun tanaman, (sumber petroganik.com).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *