Kodim 0709/Kebumen Terima Kunjungan Kerja Tim Monev Korem 072/Pmk

Kodim 0709/Kebumen Terima Kunjungan Kerja Tim Monev Korem 072/Pmk

Kodim 0709/Kebumen Terima Kunjungan Kerja Tim Monev Korem 072/Pmk

KODIM 0709/KEBUMEN, Program ketahanan pangan merupakan salah satu strategis program ketahanan pangan nasional, di mana setiap lapisan dan komponen bangsa dituntut terlibat di dalamnya. Penguatan ketahanan pangan ini bukan hanya tanggung jawab Kementerian Pertanian, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama lintas sektoral, termasuk tanggung jawab satuan komando kewilayahan (Kowil) dalam upaya khusus (Upsus) mensukseskan program swasembada pangan (Swapang) hal tersebut disampaikan ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) pertanian Korem 072/Pamungkas Mayor Inf Joko Priyono, Senin (25/7/16).

Tujuan dilaksanakannya pelaksanaan pengawasan dan monitoring serta kegiatan upaya khusus pertanian ini yakni sebagai bagian upaya peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai umumnya dan secara khusus di wilayah Kodim 0709/Kbm yang saat ini tengah memasuki masa panen perdana April – September (Asep) tahun 2016, tujuan lain agar kegiatan dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

Kegiatan ini merupakan lanjutan yang diawali gerakan panen raya varietas Mugibat bersama Menristekdikti RI dilanjutkan pelepasan bibit Batan serta himbauan percepatan tanam setelah panen pada tanggal 21 Maret 2016 di Desa Karangsari Kec. Kutowinangun yang kemudian serentak dilaksanakan di wilayah Kebumen seperti kegiatan Intensifikasi padi sawah dengan tanam jajar legowo 2.500 Ha, kegiatan Intensifikasi kedelai 4.500 Ha, kegiatan Intensifikasi jagung 1.000 Ha, pendampingan penyaluran benih, pupuk dan alsintan pada kelompok penerima manfaat, pendampingan gerakan perbaikan jaringan irigasi, tanam serentak dan pengendalian OPT, pendampingan introduksi varietas unggul baru melalui pelaksanaan Demfarm (Kodim Demplot), pendampingan penerapan teknologi peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan dan panen), pendampingan dan dukungan Satker penyerapan gabah dan beras oleh Bulog dan penyusunan dan penyampaian laporan kegiatan pendampingan.

Kunjungan Tim Monev kali ini juga melaksanakan tatap muka dengan kelompok Tani Kamboja Desa Lajer Kec. Ambal yang diketuai oleh H. Harun yang memiliki luas garapan sawah 70 Hektare. (Pard)

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *