Kodim Ajak Insan Tani Tingkatkan Produksi Pajale

Kodim Ajak Insan Tani Tingkatkan Produksi Pajale

Kodim Ajak Insan Tani Tingkatkan Produksi Pajale

Kodim 0709/Kebumen, Melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen bersama Kodim 0709/Kebumen terus melakukan upaya nyata dalam peningkatan produksi tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai (pajale). Hal ini pada tahun 2016 sekarang melalui programnya dengan pendanaan baik dari APBN maupun APBD menyalurkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) untuk kelompok tani yang ada di wilayah Kab. Kebumen. Selasa (26/7/16).

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Ir. Puji Rahayu mengatakan bahwa, dalam rangka peningkatan produksi pangan Pajale disalurkan bantuan Alsintan untuk penanganan pasca panen berupa combine harvester kepada kelompok tani Desa Nampudadi Kec. Petanahan.

Dengan bantuan combine harvester yang disalurkan ini diharapkan bisa lebih memacu peningkatan hasil produksi yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di Kabupaten Kebumen‚ÄĚ. Tutur Puji.

Dandim 0709/Kebumen dalam sambutannya yang disampaikan Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur Teguh Widodo mengatakan,  Penanganan pascapanen ini menjadi upaya yang sangat strategis. Kontribusi penanganannya berpengaruh positif terhadap peningkatan produksi padi. Saya menghimbau kepada insan tani agar lebih meningkatkan kembali pemahaman terhadap penanganan pascapanen dengan baik. Tidak sekedar teknologinya saja dan alat modern pascapanennya saja, tetapi kualitas petani perlu pemahaman, karena bisa jadi, walaupun dengan alat modern, kehilangan bulir padi akan tetap besar mengingat penggunaan yang tidak tepat atau perawatan yang kurang, ini merupakan pekerjaan kita yang harus tuntas.

Kementerian pertanian telah menyediakan fasilitasnya, para penyuluh wajib bergerak mengawasi dan membimbing bersama-sama dengan para Babinsa di lapangan, lakukan semaksimal mungkin, karena target kita bukan hanya menurunkan tingkat kehilangan bulir padi, melainkan ingin produksi gabah atau beras sesuai persyaratan mutu (SNI). Saya ingin mengingatkan pentingnya akan penentuan saat panen, ini tahapan awal dalam penganganan pascapanen. Ketidaktepatan dalam penentuan saat panen akan dapat mengakibatkan kehilangan hasil yang sangat tinggi dan mutu gabah rendah. Ujarnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *