Kodim 0709/Kebumen Bantu Berangkatkan Masyarakat Operasi Katarak

Kodim 0709/Kebumen Bantu Berangkatkan Masyarakat Operasi Katarak

Kodim 0709/Kebumen Bantu Berangkatkan Masyarakat Operasi Katarak

KODIM 0709/KEBUMEN, Sejumlah warga binaan Kodim 0709/Kebumen mengikuti kegiatan pemeriksaan mata katarak yang dipusatkan di Kodim 0701/Banyumas kegiatan ini merupakan kepedulian TNI dalam membantu kesulitan masyarakat, Rabu (21/9/16).

Untuk Kodim 0709/Kebumen mengirimkan sebanyak 18 orang yang tersebar di wilayah Kab. Kebumen namun ketika diadakan pemeriksaan awal di Kodim 0701/Banyumas yang dapat diperiksa hanya 12 orang, 6 orang lainnya terbentur kendala 1 orang terkena masalah kornea, 1 orang sudah pernah operasi, 1 orang buta total, sementara untuk 2 orang lainnya masih bisa disarankan menggunakan kaca mata dan 1 orang lagi bermasalah karena terjadi pembengkakkan (presigium) atau bukan katarak, sementara menurut Serda Al Biqron pelaksanaan operasi akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2016.

Adapun katarak itu sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana lensa alami yang ada dalam mata kita menjadi keruh sehingga mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata dan mengakibatkan adanya penurunan tajam penglihatan secara bertahap.

Katarak pada umumnya disebabkan oleh proses alami karena bertambahnya usia atau proses penuaan. Itu terjadi umumnya pada usia tua dan juga pada mata dengan paparan sinar Ultra violet yang berlebihan. Bisa juga karena kondisi medis misalnya ada kencing manis atau diabetes, penggunaan obat-obatan dalam jangak waktu yang lama, trauma pada mata atau peradangan yang kronis juga menjadikan faktor resiko terhadap perkembangan kataraknya. Kadang – kadang juga terjadi pada orang usia muda atau bahkan ketika bayi saat lahir. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *