Lounching RTK, Kurangi Angka Kematian Saat Melahirkan

Lounching RTK, Kurangi Angka Kematian Saat Melahirkan

Lounching RTK, Kurangi Angka Kematian Saat Melahirkan

KODIM 0709/KEBUMEN, Rumah Tunggu Kelahiran adalah suatu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat, berupa tempat (rumah/bangunan tersendiri) yang dapat digunakan untuk tempat tinggal sementara bagi ibu hamil yang akan melahirkan hingga nifas.

Adalah Pelda Darusmin Bati Tuud Koramil 19/Kuwarasan menghadiri  Lounching Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) wilayah Kec.Kuwarasan pada,kamis (15/09/16). Hadir pada Persemian tersebut Kepala Puskesmas Kuat Handoko,SKM.MM , Camat Kuwarasan Triyono,SH. Serta Lintas Sektoral Muspika ,Koramil , Polsek serta Jajaran SKPD .

Menurut Kuat Handoko selaku Kepala Puskesmas Kuwarasan , dengan diremikanya RTK harapanya agar pelayanan ibu-ibu yang akan melahirkan dapat dilayani dan ditangani dengan baik sebelum melahirkan, jadi mengurangi terjadinya kebrojolan pendarahan disaat ibu hamil akan melahirkan.

“ Ibu hamil yang berdomisili di daerah dengan akses sulit, untuk sementara tinggal di Rumah Tunggu Kelahiran hingga masa nifasnya agar dekat dengan Puskesmas yang mampu melakukan pertolongan persalinan. Sehingga pada saat tiba waktu persalinan nanti, penanganan si Ibu atau bayi lebih cepat dibawa ke Puskesmas. Jadi persalinan tetap di lakukan di fasilitas kesehatan bukan di rumah tunggu kelahiran,” kata Kuat.

Sementara itu Darusmin dalam kesempatan tersebut mengatakan,” Rumah Tunggu Kelahiran ini bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir. Semoga dengan adanya RTK di Kec.Kuwarasan ini akan mengurangi angka Kematian bayi atuapun ibu hamil, mari kita sosialisasikan kepada warga di sekitar kita keberadaanya, semoga bermanfaat,”

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *