Masyarakat Kebapangan Menerima Penyuluhan Bahaya virus HIV/AIDS

Masyarakat Kebapangan Menerima Penyuluhan Bahaya virus HIV/AIDS

Masyarakat Kebapangan Menerima Penyuluhan Bahaya virus HIV/AIDS

KODIM 0709/KEBUMEN, Bertempat di Balai Desa Kebapangan diselenggarakan kegiatan penyuluhan tentang Bahaya penyakit menular HIV/AIDS kepada sejumlah ibu rumah tangga, para tokoh masyarakat, Karangtaruna dan para kader PKK Desa Kebapangan Kec. Poncowarno Kab. Kebumen dalam rangka kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2016, Rabu (28/9/16).

Hadir sebagai narasumber kali ini Ibu Sri Tri Retnaningsih dari Dinas Kesehatan Kab. Kebumen dengan membawakan materi tentang penularan HIV/AIDS, Cara penularan HIV/AIDS, Pengobatan dan pencegahan HIV/AIDS dan Upaya pencegahan dalam masyarakat umum.

Selama pelaksanaan penyuluhan terjadi interaksi menarik antara penyuluh dengan para auden, menurut Sri kegiatan ini sebagai upaya memerangi penularan virus HIV dan AIDS yang telah menyebar di wilayah Kab. Kebumen, karena penyakit ini semakin hari semakin menggurita. “Penyakit ini tidak kenal kompromi kepada siapa pun, baik orang yang berisiko tinggi terserang. Seperti para pekerja seks komersial (PSK), maupun mereka yang berisiko rendah, melalui seks bebas dan jarum suntik,” ujar Sri Tri Retnaningsih.

Untuk itu kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai informasi reproduksi sehat dalam pencegahan penyakit HIV/AIDS. Termasuk ajakan kepada seluruh warga agar terus waspada terhadap perkembangan Narkoba yang sudah sedemikian luar biasa masuk dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.
“Saat ini pecandu Narkoba semakin banyak dan berpengaruh besar terhadap penularan HIV/AIDS. Penggunaan Narkotika dan zat adiktif lainnya membuat penularan HIV berlangsung sangat cepat, dan ada beberapa hal yang mendasar terkait bahaya Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), serta penularannya, yang bisa terjadi melalui pertukaran darah, cairan sperma, cairan kemaluan, dan air susu ibu (ASI), sehingga jalan terbaiknya adalah mencegah daripada mengobati”,imbuhnya

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *