Masyarakat Kebapangan Menerima Penyuluhan Reproduksi Sehat

Masyarakat Kebapangan Menerima Penyuluhan Reproduksi Sehat

Masyarakat Kebapangan Menerima Penyuluhan Reproduksi Sehat

KODIM 0709/KEBUMEN, Sejumlah ibu rumah tangga, para tokoh masyarakat, Karangtaruna   dan para kader PKK Desa Kebapangan Kec. Poncowarno Kab. Kebumen mengikuti kegiatan penyuluhan tentang reproduksi sehat dalam rangka kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2016 bertempat di Balai Desa Kebapangan, Rabu (28/9/16).

Kegiatan yang diselenggarakan Kodim 0709/Kebumen ini bekerjasama dengan Dinas BPPKB Kab. Kebumen hadir sebagai narasumber Bapak Sutarso, SH. MM dengan pokok materi yang diberikan meliputi kesehatan reproduksi, persiapan calon ibu dalam 1000 hari pertama kehidupan dan mengapa wanita Indonesia harus mati karena kehamilan.

Dalam penyuluhan kali ini Sutarso juga mengatakan, “Mari kita selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam setiap kehidupan berrumah tangga, ada lima program yang diprioritaskan yaitu kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi, kesehatan lingkungan, gaya hidup, dana sehat, asuransi kesehatan dan asuransi kesehatan,” terangnya.

Sutarso juga menambahkan masih ada 10 indikator dalam PHBS rumah tangga, diantaranya ialah menggunakan air bersih mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat dan memberantas jentik nyamuk di rumah.

“Harapan kami setelah mendapatkan sosialisasi ini, mereka para kader bisa memberikan sosialisasi kesehatan ke Posyandu, dalam sosialisasi ini ditekankan agar berperilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri, diharapkan kita semua  mampu mengupayakan  dan mencegah serta menangani permasalahan kesehatan ini di sekitar kita,” ungkap Sutarso.

Sementara itu, Kepala Desa Kebapangan, H. Parman mengatakan, penyuluhan kesehatan ini sangat bermanfaat sekali kepada masyarakat Desa Kebapangan, utamanya mereka yang kesadaran hidupnya masih sangat kurang. “Kesadaran warga akan hidup sehat sebenarnya sudah cukup maksimal, memang masih ada kekurangan seperti kesadaran menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah. Ada banyak masyarakat kami yang suka buang sampah sembarangan dan malas membersihkan sampah, apabila dibiarkan ini kan bisa jadi penyakit” imbuh Kades. Parman menambahkan, diharapkan melalui kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II ini Desa Kebapangan khususnya penyuluhan kesehatan ini bisa maksimal dan mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat warga Desa Kebapangan. (Pard)

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *