Peletakan Batu Pertama Pembangunan UPPO Kodim 0709/Kebumen

Peletakan Batu Pertama Pembangunan UPPO Kodim 0709/Kebumen

Peletakan Batu Pertama Pembangunan UPPO Kodim 0709/Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN, Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar hadir mewakili Dandim dalam acara kegiatan pembangunan pembuatan kandang sapi dan pengolahan pupuk organik bantuan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kab. Kebumen bertempat di Desa Wetonkulon Kec. Puring, Senin (19/9/16).

Bantuan berupa 10 ekor sapi ini nantinya akan dikelola Kodim 0709/Kebumen dalam rangka pembangunan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO), hasil kotoran ternak sapi ini akan dikembangkan para pok petani di wilayah Kec. Puring untuk dijadikan pupuk organik, hal ini dimaksudkan sebagai penunjang kualitas tanah pertanian untuk wilayah Kab. Kebumen kedepan, trobosan ini dilakukan sebagai akibat penggunaan pupuk anorganik secara intensif dan berlebih yang dapat mengakibatkan kerusakan kultur tanah.

“Untuk mengatasi degradasi mutu lahan pertanian akibat penggunaan pupuk anorganik secara berlebih maka dengan bantuan ternak sapi dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kebumen akan menjawab perbaikan struktur tanah, disamping itu juga dengan pengembangan UPPO akan dapat menjadikan solusi memperkuat daya ikat agregat (zat hara) tanah, serta dapat meningkatkan daya tahan dan daya serap air, memperbaiki drainase dan pori-pori tanah dan mengaktifkan unsur tanah, “ terang Kasdim saat memberikan sambutannya dihadapan para tamu undangan.

Kegiatan yang dihadiri para unsur Muspika Kec. Puring tersebut mengawali kegiatan peletakan batu pertama pembangunan unit pengelola pupuk organi (UPPO). Pupuk organik yang telah dikomposkan ini nantinya akan berperan penting dalam perbaikan sifat kimia, fisika dan biologi tanah serta sebagai nutrisi tanaman, secara umum kandungan nutrisi haradalam pupuk organik tergolong rendah dan agak lambat tersedia sehingga dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Namun pupuk yang dikomposkan akan bergerak lebih cepat disbanding dalam bentuk segar. Karena selama proses telah terjadi dekomposisi yang dilakukan oleh beberapa macam mikroba, baik dalam posisi aerob maupun anaerob. Sumber ini dapat kita dapatkan dari limbah organik seperti sisa tanaman (jerami, batang dan dahan) sampah rumah tangga dan ternak (sapi, kambing, ayam) (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *