Bupati Kebumen Pimpin Apel Tanggap Bencana Tingkatkan Kewaspadaan Dini

Bupati Kebumen Pimpin Apel Tanggap Bencana Tingkatkan Kewaspadaan Dini

Bupati Kebumen Pimpin Apel Tanggap Bencana Tingkatkan Kewaspadaan Dini

KODIM 0709/KEBUMEN, Bupati Kebumen Ir. H.Mohammad Yahya Fuad, S.E bertindak selaku inspektur upacara pada kegiatan apel siaga bencana di lapangan alun-alun Kebumen, Kamis (6/10/16).

Apel melibatkan seluruh jajaran di lingkungan Pemda Kebumen mulai dari jajaran TNI, Kepolisian, sampai jajaran SKPD terkait dan masyarakat yang dibekali dengan berbagai perlengkapan penanganan bencana seperti perahu karet, alat komunikasi, kendaraan roda empat hingga roda dua, paket alat kesehatan, jenset, kesiapan logistik dan ambulans. “Gelar ini untuk mengecek kesiapan personel, alat, dan koordinasi di lingkungan Pemda Kebumen untuk menghadapi tanggap bencana,” kata Bupati Kebumen.

Menurutnya, bencana memang tidak kita diharapkan terjadi. Namun, kesiapan seluruh lembaga terkait termasuk Kodim 0709/Kebumen dan Polres Kebumen harus siap untuk ditugaskan dalam membantu korban bencana.

“Tanggap bencana menjadi kewajiban kita semua mulai pemerintah daerah termasuk prajurit TNI, Polri, BPBD Kebumen dan seluruh instansi terkait yang senantiasa harus ikut terpanggil. Dengan adanya peran dan partisipasi semua unsur ini diharapkan dapat menekan kerugian materiil dan korban jiwa akibat munculnya bencana,” imbuhnya.

Kita semua diharapkan akan dapat memberikan peran yang terbaik untuk membantu warga masyarakat khususnya korban bencana. “Penyebab bencana bisa saja dari kondisi alam maupun perilaku manusia yang kurang baik. Baru baru ini di wilayah Jawa Barat sudah terjadi bencana banjir bandang yang memporak porandakan seluruh sarana dan prasarana hal ini tentu tidak kita inginkan, kita wajib meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan dini akan tanda-tanda yang bisa memicu bencana itu datang,” katanya. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *