Dandim 0709/Kebumen Pimpin Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II TA. 2016

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II TA. 2016

Dandim 0709/Kebumen Pimpin Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II TA. 2016

KODIM 0709/KEBUMEN, Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Priyo Sambodo, S.I.P bertindak selaku insfektur upacara pada upacara penutupan TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2016 di lapangan Desa Kedungdowo Kec. Poncowarno Kab. Kebumen, Rabu (19/10/16).

Upacara penutupan berlangsung mulai pukul 09.00 s.d pukul 10.30 WIB dengan tema “Semangat kemanunggalan serta kerja sama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, kita tingkatkan percepatan pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejakteraan rahyat”. Upacara yang diikuti oleh berbagai instansi baik TNI maupun jajaran Pemkab Kebumen ini melibatkan 1 SSK Kodim 0709/Kbm, 1 SST Secata Rindam IV/Dip, 1 SST Polres Kebumen, 1 SST Satpol PP Kebumen, 1 SSR Menwa Darma Patria Kebumen, 2 SST Korpri/PNS, 1 SSR FKPPI Kab Kebumen, 1 SSR PKK Ds Kebapangan Kec Poncowarno, 2 SST Pelajar, 2 SST Pramuka, para tamu undangan Ir.H.Moh. Yahya Fuad, SE (Bupati Kab Kebumen), Letkol Arm.  Utranto Gatot (Kasi log Korem 072/Pmk), Mayor Inf. Noppy laksana Armiyanto (Dan Secata Rindam IV/Dip), Para Asisten Sekda Kab kebumen, Muspika Kec  Poncowarno, Danramil jajaran Kodim 0709/Kbm, Purwito (Kades Kedung dowo), dan Suparman (Kades Kebapangan).

Dalam sambutan  Kasad yang dibacakan Dandim 0709/Kbm mengatakan “Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap II TA. 2016 yang didasari dengan dengan semangat kebersamaan dan dilandasi semangat kegotong-royongan diharapkan dapat menciptakan kemanunggalan TNI Rakyat.

Lebih kurang satu bulan lamanya Prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerja sama menyelesaikan Program TMMD sengkuyung tahap II TA. 2016 ini sehingga diharapkan hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung jawab Operasi TMMD kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan TMMD kali ini. Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah di mulai sejak tahun 1980 an dengan sebutan ABRI Masuk Desa dan berlangsung selama 35 tahun diharapkan manfaatnya dapat semakin dirasakan oleh masyarakat.

Program TMMD masih sangat dibutukan  mengingat luasnya wilayah Indonesia yang sebagian besar  merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur masih sangat relefan dan sesuai koridor undang- undang.

TMMD tahun  ini telah menyelesaikan sebanyak 165 Sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan Infrastruktur yang tersebar di wilayah Kodam seluruh Indonesia, TMMD ini salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat dan memberdayakan ketahanan masyarakat sebagai kekuatan potensi wilayah. Jaga dan pelihara semangat kegotongroyongan  dan hasil yang telah dicapai serta kepada para Dansat untuk melakukan evaluasi pelaksanaan TMMD yang telah dilakukan.

Sementara itu untuk wilayah Kab. Kebumen sasaran TMMD Sengkuyung  tahap II TA. 2016 di Desa. Kebapangan Kec. Poncowarno dengan sasaran fisik pembangunan jalan rabat beton  sepanjang 730 meter  dan pembangunan   RTLH sebanyak 5 unit. Untuk Sasaran non fisik  dititik beratkan pada penyuluhan bela negara, penyuluhan Kadarkum, Penyuluhan Tatib Lalin, Penyuluhan Percepatan keanekaragaman produk lokal,  Penyuluhan pembuatan pupuk organik, Penyuluhan tenaga kerja,  Penyuluhan kesehatan AIDS/HIV dan reproduksi,  Penyuluhan perizinan, penyuluhan kependudukan dan catatan sipil, pembinaan Perangkat Desa, penyuluhan narkoba,penyuluhan BPJS, penyuluhan Balatkom dan gultor, pelatihan komputer, pemutaran film perjuangan dan KB.

Usai pelaksanaan upacara kegiatan dilanjutkan penyerahan bantuan Sembako secara simbolis oleh Bupati dan Dandim kepada sejumlah rumah tangga miskin, dilanjutkan penanaman pohon disekitar lokasi tempat upacara dan menyaksikan kesenian kuda lumping  serta Pasar Rakyat di Ds. Kebapangan Kec Poncowarno. Kemudian kegiatan dilanjutkan meninjau  lokasi sasaran fisik TMMD dan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Kebumen Ir. H.M. Yahya Fuad, S.E. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *