Kodim 0709/Kebumen Gelar Upacara Peringatan HUT TNI ke 71 dan HUT Kodam IV/Dip ke 66

Kodim 0709/Kebumen Gelar Upacara Peringatan HUT TNI ke 71  dan HUT Kodam IV/Dip ke 66

Kodim 0709/Kebumen Gelar Upacara Peringatan HUT TNI ke 71
dan HUT Kodam IV/Dip ke 66

KODIM 0709/KEBUMEN, Bertempat di lapangan apel Kodim 0709/Kebumen dilaksanakan kegiatan upacara peringatan HUT TNI ke 71 dan HUT Kodam IV/Dip ke 66 bertindak selaku inspektur upacara Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar, uapacara yang diikuti seluruh anggota TNI Kodim 0709/Kebumen, PNS, para Veteran, LVRI, FKPPI, Resimen Mahasiswa Politeknik Dharma Patria Kebumen dan sejumlah tokoh masyarakat serta tamu undangan. Rabu (5/10/16).

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Kasdim 0709/Kebumen, mengajak kepada seluruh prajurit, PNS damn keluarga besar TNI untuk sejenak merendahkan hati dan menundukan kepala seraya berdo’a yang diyujukan kepada para pahlawan, sesepuh dan senior TNI yang telah mendharmabaktikan dirinya dan mengukir prestasi demi kejayaan Bangsa, Negara dan TNI hingga saat ini.

Kepada seluruh Prajurit dan PNS serta keluarga dimanapun saat ini bertugas dan berada saya ucapkan “Selamat Ulang Tahun” dan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia”, yang sangat kita cintai dan banggakan bersama.

Pada peringatan ke 71 hari TNI Tahun 2016 kali ini, memang tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun Alutsista TNI, tetapi upacara dilaksanakan ditingkat daerah secara sederhana.

Harapan saya, semoga kegiatan yang kita laksanakan kali ini tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri, karena tiap-tiap satuan wilayah TNI melaksanakan upacara, yang dipadukan dengan pertunjukan seni dengan mengangkat kearifan lokal budaya, seperti baca puisi, cipta lagu, tarian daerah setempat, dan mengadakan kegiatan sosial bedah rumah, operasi katarak dan pengobatan masal, itu merupakan wujud kepedulian TNI kepada rakyat.

Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2016.

Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT TNI ke 71 ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.”

Makna yang terkandung didalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI, yang tidak boleh pudar ditengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola piker kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk untuk turut serta dalam bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat merupakan inti dan pusat kekuatan (centre of grafity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.

Usai kegiatan upacara dilanjutkan kegiatan pentas seni tari perjuangan dari SMA N 1 Rowokele, kemudian kegiatan berlanjut acara tasyakuran HUT TNI ke 71 dan HUT Kodam IV/Dip ke 66 dengan menampilkan vocal grup dari SMA N 1 Kebumen, panggung hiburan yang diisi dengan cipta lagu dan baca puisi dari SMA N 1 Prembun. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *