Kodim 0709/Kebumen Selenggarakan Hiburan Rakyat

Kodim 0709/Kebumen Selenggarakan Hiburan Rakyat

Kodim 0709/Kebumen Selenggarakan Hiburan Rakyat

KODIM 0709/KEBUMEN, Bertempat di halaman Makodim 0709/Kebumen sejumlah penari tarian khas daerah Kebumen yakni tari kuda lumpling atau yang lebih dikenal dengan istilah tarian Ebleg Singa Mataram, Pimpinan Bapak Ravie dari Kec. Panjer, kegiatan ini menghiasi rangkaian peringatan HUT TNI ke 71 dan HUT Kodam IV/Diponegoro ke 66 yang diselenggarakan Kodim 0709/Kebumen guna memberikan hiburan bagi masyarakat Panjer khususnya dan umumnya bagi wilayah Kab. Kebumen, Kesenian yang menggambarkan pada masa peperangan prajurit kerajaan panjer menghadapi VOC saat itu Belanda, kini digambarkan oleh grup tarian kuda kepang atau kudang lumping sebagai ciri khas kesenian daerah jawa, Jum’at (7/10/16).

Pagelaran Sendratari ini lebih dikenal dengan nama Yudha Cakrakusuman (Ebleg Singa Mataram) yang dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at Kliwon di situs Kebun Raja Panjer yang kini berubah nama menjadi Taman Manunggal KODIM 0709/Kebumen, dimana tempat tersebut pada masa itu menjadi Kotaraja dan Alun alun Kadipaten Panjer.

Kesenian budaya daerah Ebleg Singa Mataram ini wajib kita lestarikan sebagai warisan karya seni budaya bangsa yang memiliki nilai seni cukup tinggi dari para pendahulu bangsa kita serta untuk mewujudkan ketahanan nasional yang semakin dinamis.

Mengenai nama Yudha Cakrakusuman, mengandung filosofi yang melambangkan sebuah pertempuran prajurit Mataram yang penuh semangat, berani dalam membela tanah air sampai tetes darah penghabisan. Penimbul melambangkan tokoh spiritual/kesepuhan yang juga ikut membantu dibelakang medan pertempuran dengan Ilmu Spiritual yang mereka miliki guna menambah daya dan kekuatan pasukan demi terwujudnya kemenangan. Sebuah semangat patriotisme  yang harus dimiliki oleh seluruh elemen masyarakat demi mempertahankan ibu Pertiwi ini. (sumber ://http.kebumen2013.com) (Pard)

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *