Pejabat Mengajar, Waspadai Budaya Copy Paste

Pejabat Mengajar, Waspadai Budaya Copy Paste

Pejabat Mengajar, Waspadai Budaya Copy Paste

KODIM 0709/KEBUMEN, Bertempat di SMK Ma’arif 7 Kutowinangun Kec. Kutowinangun digelar kegiatan Pejabat mengajar sebagai program Bupati Kab. Kebumen, Selasa (18/10/2016).

Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno hadir dalam acara pejabat mengajar kali ini mewakili Dandim 0709/Kebumen yang saat tersebut sedang melaksanakan dinas luar.

Sebanyak 45 orang siswa SMK Ma’arif 7 Kutowinangun penuh antusias menyimak pemaparan Danramil yang mengambil pokok bahasan peran pemuda dalam menghadapi pesatnya arus informasi.

Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno dalam materinya yang diberikan mengatakan, “Arus informasi sangat banyak membawa perubahan, baik yang berdampak positif maupun negatif bagi kehidupan. Dalam era seperti sekarang ini aspek kehidupan berangsur – angsur mengalami perubahan. Salah satu contohnya terjadi pada kehidupan generasi muda, kebanyakan generasi muda cenderung tidak bisa menyaring pengaruh arus informasi. Sehingga, banyak generasi muda yang terjebak dalam pengaruh buruk arus informasi.

Hal lain berdampak besar bagi generasi muda. Saat ini, generasi muda tidak lagi memperdulikan adanya norma atau tatanan. Banyak generasi muda yang melakukan pelanggaran atas aturan yang ada pada lingkungan masyarakat. Sebenarnya norma atau aturan berperan penting dalam menegakkan ketertiban berkehidupan dalam masyarakat. Generasi muda seharusnya dapat mempertahankan norma-norma tersebut agar ada pengendali dalam kehidupanya.

Jika dilihat dari aspek budaya. Aspek Budaya yang ada saat ini pun mulai banyak tercampur dengan budaya asing. Seperti budaya tradisional yang terdapat diberbagai daerah sudah semakin terkikis keberadaanya. Kurang perdulinya generasi muda terhadap budaya tradisional semakin mempercepat hilangnya kebudayaan tradisional itu sendiri. Saat ini banyak sekali generasi muda yang tidak mengetahui apa budaya khas yang terdapat di daerah tinggalnya. Hal ini sangat memprihatinkan sekali. Ketidak tahuan generasi muda tersebut mengundang pihak lain untuk mengklaim budaya Indonesia menjadi budaya miliknya, padahal jelas-jelas kebudayaan tersebut adalah budaya asli Indonesia. Jenis makanan yang di konsumsi pun para generasi muda lebih cenderung menyukai makanan-makanan cepat saji (junkfood) yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan mereka apabila terus menerus dikonsumsi.

Imbas dari semua ini dirasakan oleh aspek pendidikan, akan tetapi, lebih banyak dampak positif yang diterima. Pada saat ini para generasi muda dapat dengan mudah mengerjakan tugas sekolah dengan menggunakan bantuan internet. Apabila tidak bisa menggunakan teknologi dengan bijaksana para generasi muda akan mendapatkan dampak negatif yaitu para generasi muda akan merasa kecaduan dan mungkin bisa mengakses hal-hal yang seharusnya tidak mereka ketahui.  Munculnya budaya baru yakni, budaya  copy + paste. Budaya ini membawa pengaruh buruk bagi perkembangan pendidikan para generasi muda, karena mereka hanya perlu menyalin isi dari informasi yang mereka cari tanpa mengetahui apa isi dari informasi tersebut. “ paparnya. (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *