Strategi Membangun Ketahanan Masyarakat Siaga Bencana

Strategi Membangun Ketahanan Masyarakat Siaga Bencana

Strategi Membangun Ketahanan Masyarakat Siaga Bencana

KODIM 0709/KEBUMEN, Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar memaparkan tentang pentingnya membangun strategi ketahanan masyarakat untuk menghadapi siaga bencana, hal itu disampaikan Kasdim dalam acara rapat koordinasi bersama seluruh jajaran Muspika se Kabupaten Kebumen yang dilaksanakan di ruang Jatijajar Hotel Candisari Karanganyar belum lama ini, Sabtu (29/10/16).

Turut hadir dalam acara kali ini Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz Ketua DPRD Kab. Kebumen, Waka Polres Kebumen, Kepala Kejaksaan Kebumen, Sekda Kab. Kebumen, Kepala Kesbangpolinmas, Kepala BPBD Kebumen, Para Danramil jajaran Kodim 0709/Kebumen, Para Kapolsek jajaran Polres Kebumen dan Para Camat se Kab. Kebumen.

Dalam rapat kali ini selain membahas strategi masyarakat siaga bencana juga dibahas pentingnya kesadaran masyarakat terhadap Kamtibmas sebagai bentuk kewaspadaan yang wajib kita kembangkan terus sehingga akan mengurangi resiko kerugian baik materiil maupun personel, hal lain juga dibahas tentang beberapa potensi bencana di wilayah Kab. Kebumen yang masih bersifat ancaman terhadap kemungkinan datangnya bencana alam baik itu bahaya banjir maupun bahaya tanah longsor.

Dalam uraiannya Kasdim 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar lebih menegaskan kepada menumbuhkan kesadaran dan kepedulian serta kepekaan masyarakat dalam peran aktifnya sebagai upaya deteksi dini lingkungan sehingga akan mampu meminimalisir segala macam bentuk kerugiannya, disampaikan Kasdim, bahwa dengan mengetahui beberapa titik rawan bencana maka kita akan dapat menentukan langkah-langakah kongkrit sebagai antisipasi kerugian yang lebih besar, seperti dicontohkan Kasdim, pengerukan sungai-sungai, peninggian tanggul-tanggul penahan, perbaikan drainase ditiap Desa yang dititik beratkan pada daerah rawan Bencana, membuat resapan air melalui pembuatan lubang biopori, penghijauan, membuat aturan khusus terhadap perusakan lingkungan, merelokasi penduduk yang berdomisili rawan bencana serta memberikan pengetahuan yang dilanjutkan pelatihan simulasi penanganan bencana. (Pard)

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *