Babisnsa dan Petani Adakan Gropyok Tikus di Sawah

Babisnsa dan Petani Adakan Gropyok Tikus di Sawah

Babisnsa dan Petani Adakan Gropyok Tikus di Sawah

KODIM 0709/KEBUMEN, Tikus…binatang pengerat ini bukan nama yang asing bagi kita.Keberadaannya yang kerap menyebabkan masalah nampaknya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bukan saja menjadi media penularan penyakit,namun juga mengancam panen di musim tanam tahun ini.

Pada musim pancaroba seperti sekarang, populasi tikus berkembang cukup pesat.Musim yang belum sepenuhnya musim hujan dan masih cukupnya panas semakin mempercepat populasinya.

Keberadaan inilah akhirnya yang mencetuskan ide dari Serma Istadi Babinsa Desa Gumawang untuk membuat Gerakan Gropyok Tikus bersama segenap jajaran Poktan Murakabi, setali tiga uang gerakan ini disambut dengan antusias  oleh masyarakat khususnya para petani anggota Murakabi I dan II desa Gumawang.

Adalah Serma Istadi Babinsa desa Gumawang kec.Kuwarasan beserta delapan puluhan orang lebih warga bersama – sama babinsa mencari lubang-lubang tikus di sekitar pematang sawah pada, rabu (09/11/16).  Cara yang di pakai adalah dengan menggali lubang tikus dan mematahkan jalurnya sehingga akhirnya tikus keluar.Dalam waktu yang tidak begitu lama ratusan tikus dapat ditangkap dan akhirnya dimusnahkan.

“Selain pola perawatan tanaman gerakan Gropyok Tikus ini menjadi salah satu cara meningkatkan hasil panen,karena dengan banyaknya tikus yang di basmi,akan memperkecil jumlah yang menyerang tanaman,” ujar Istadi dalam sambutanya.

Selain ini beliau juga berpesan agar senantiasa membudayakan hidup bersih. Karena dengan kebersihan akan mengurangi mata rantai perkembangbiakan  tikus yang dapat menjadi media penularan penyakit dan menyerang tanaman.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *