Kaur Turjukkara Kudam IV/Dip Berikan Penyuluhan Hukum Anggota

Kaur Turjukkara Kudam IV/Dip Berikan Penyuluhan Hukum Anggota

Kaur Turjukkara Kudam IV/Dip Berikan Penyuluhan Hukum Anggota

KODIM 0709/KEBUMEN, Bertempat di Aula Makodim 0709/Kebumen dilaksanakan kegiatan penyuluhan hukum bagi seluruh anggota Kodim baik anggota Militer maupun anggota PNS. Hadir sebagai narasumber  Kaur Turjukkara Kudam IV/Dip Kapten Chk Waruwu, S.H. Kegiatan melibatkan sedikitnya 321 orang ini dimulai sejak pukul 13.28 hingga 14.40 Wib. Kegiatan juga dihadiri oleh Kasdim 0709/Kebumen Mayor Inf Djumantar, Para Pasi Kodim 0709/Kbm, Para Danramil 0709/Kbm, anggota Kumdam IV/Dip Kapten Chk Alex Bhirawa, S.H, Serka Muhadi dan seluruh Bintara Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Kodim 0709/Kbm. Rabu (9/11/16).

Dalam sambutannya Kepala Staf Kodim 0709/Kbm Mayor Inf Djumantar mengatakan, “Marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunianya kita semua bisa mengikuti penyuluhan hukum ini dalam keadaan lancar serta sehat wal’afiat, kami ucapkan selamat datang kepada tim penyuluh hukum dari Kumdam IV/ Dip yang akan memberikan pencerahan kepada kita sekalian guna memberikan pemahaman terkait hukum agar para anggota Kodim 0709/Kbm ini dapat memahami dan melaksanakan apa yang diatur dalam aturan hukum. Ikuti penyuluhan ini dengan sebaik-baiknya dan kalau ada pertanyaan silahkan bertanya tentang narasumbernya. Mohon kepada tim penyuluh agar tidak keberatan untuk menjawabnya. “ terang Kasdim.

Dalam penyuluhannya Kaur Turjukara Kumdam IV/Dip Kapten Chk A. Waruwu, S.H mengatakan, “ Setiap Prajurit/PNS/Istri/Suami dan anak-anak berhak mendapat bantuan hukum gratis dari Kumdam IV/Dip. Bantuan ini berupa semua proses hukum pada semua tingkatan baik di luar maupun di dalam pengadilan, berupa bentuk bantuan hukum, lingkungan bantuan hukum, prosedur permohonan bantuan hukum.

Kapten Chk A. Waruwu, S.H juga memaparkan sederet tindak pidana selama kurun waktu tahun 2016 yang meliputi Werving,  Narkoba, Desersi, THTI, Susila dan Perampokan. Juga dipaparkan tentang rekapitulasi data perkara pidana di jajaran Kodam IV/Dip yang meliputi, Penipuan, Susila dan Pencurian (mengangkut kayu jati tanpa surat ijin) dan perbuatan tidak mengenakan lainnya yakni Perzinahan dan Penganiayaan.

Ditambahkan juka oleh Kapten Chk A. Waruwu, S.H ada sedikit contoh kejadian di jajaran Kodam IV/ Dip yang telah masuk data Kumdam yakni meliputi perjudian yang dilakukan di rumah dinas Korem 073/Makutarama dengan melibatkan 4 orang sipil, dengan alasan mengisi waktu, ketika di cek ada cek cok suami istri.

Pelanggaran lainnya masih ditemukannya pelanggaran insubbordinasi yang dilakukan oleh anggota Yonif 405/SK, ada juga tindak pelanggaran penipuan yang dilakukan PNS Ajen Dam IV/Dip ini masih dalam proses, kemudian masih didapati anggota mendatangi tempat-tempat terlarang, kemudian tindak pelanggaran asusila, dan ini cenderung setiap tahun mengalami peningkatan, untuk tindak pelanggaran laka lalin juga didapati dan dilakukan oleh anggota Yonif 403/WP yang menimpa seorang Perwira, yang membuat kita miris yakni tindak pelanggaran pelecehan seksual yang dilakukan terhadap anak dibawah umur oleh anggota Yonif 400/Raider. Untuk itu Kami dari tim Luhkum Kodam IV/Dip mengharapkan agar semua rentetan kejadian-kejadian diatas tidak dilakukan oleh anggota lain khususnya dilingkungan Kodim 0709/Kebumen, saya meminta kepada para unsur pimpinan yang ada agar selalu mengedepankan pengawasan dan pembinaan serta komunikasi melekat terhadap anggoat agar beberapa kejadian diatas tadi tidak menular kepada kita semua. Saya juga menekankan tentang pengguna dan pengedar Narkoba dari lingkungan anggota TNI jika hal ini kedapatan menggunakan maka akan mendapatkan sangsi tegas berupa pemecatan dari kedinasan. “ papar Kapten Chk A. Waruwu, S.H. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *