Kodim 0709/Kebumen Resik-Resik Sungai Upaya Cegah Tangkal Bahaya Banjir

Kodim 0709/Kebumen Resik-Resik Sungai Upaya Cegah Tangkal Bahaya Banjir

Kodim 0709/Kebumen Resik-Resik Sungai Upaya Cegah Tangkal Bahaya Banjir

KODIM 0709/KEBUMEN, Tim gabungan Kodim 0709/Kebumen, Dinas BPBD Kebumen, Sejumlah Relawan, Dishub Kab. Kebumen dan warga masyarakat Kec. Klirong dan Kec. Buluspesantren melaksanakan kegiatan resik desa dalam rangka mengantisipasi timbulnya bahaya banjir, Sabtu (19/11/16).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul.08.00 hingga 10.00 Wib itu disamping pembersihan di sepanjang kali Lukulo juga dilakukan pembersihan dibeberapa titik atau tempat yang dianggap rawan luapan air yakni (TPI) Tempat Pelelangan Ikan Tanggulangin Kec.Klirong, (TPI) Tempat Pelelangan Ikan Jogosimo dan Sepanjang sungai yang melewati Ds.Ayamputih Kec. Buluspesantren. Dalam kegiatan ini melibatkan sedikitnya 130 orang itu disamping diikuti jajaran instansi Pemda juga masyarakat didua kecamatan yakni Kec.Klirong dan Kec.Buluspesantren.

Hadir dalam kegiatan resik-resik ini diantaranya jajaran Muspika Kec.Klirong, jajaran Muspika Kec.Buluspesantren, Drs.Muhyidin Kabid 2 BPBD Kab.Kebumen, Anggota Kodim 0709/Kbm, Ribut Suparjan (Kades Tanggulangin), Munawar Kholil, MBa (Kasi Trantip Kec.Klirong), Slamet Saebani (Pj Ds.Ayamputih) dan Shohibun (Kades Jogosimo).

Meski dengan peralatan sederhana yang dipergunakan, namun semangat dan kerja keras warga Nampak antusias dalam menyelesaikan pekerjaannya seperti 4 unit perahu karet, 1 unit dump truk dan sabit serta cangkul. Kegiatan ini diarahkan pada sasaran pembersihan sampah organik dan non organik sekitar sungai serta tanaman dan rumput liar di sekitar bantaran sungai.

Pj. Kades Ayamputih Slamet Saebani mengatakan, “Resik resik ini sangat bagus sekali sebagai upaya cegah tangkal akan terjadinya bahaya banjir, dikaitkan dengan intensitas curah hujan yang akhir-akhir ini cukup tinggi dan berpotensi banjir, maka kami warga ayam putih selalu siap jika kegiatan ini diagendakan setiap satu bulan sekali mengingat kegiatan ini sebagai pembelajaran kami dan masyarakat untuk peningkatan kepekaan lingkungan”. Katanya. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *