Ajak Masyarakat Monumen Purangga Bersih

Ajak Masyarakat Monumen Purangga Bersih

Ajak Masyarakat Monumen Purangga Bersih

KODIM 0709/KEBUMEN, Peringatan Hari Juang Kartika ke 71 tahun 2016 ini diperingati melalui kegiatan karya bakti pembersihan monumen bersejarahan masa perang kemerdekaan, kegiatan ini disamping sebagai bentuk kepedulian juga bertujuan untuk menghormati jasa para syuhada yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga yakni para pahlawan perang kemerdekan, dan di lokasi inilah pertempuran di bangun dengan nama “Monumen Pertempuran Karanggayam” atau disingkat Monumen Purangga. Jum’at (16/12/16).

Danramil 05/Karanggayam Kapten Inf Sardjono yang memimpin kegiatan pembersihan ini menghimbau sekaligus mengajak kepada masyarakat, “agar senantiasa menghormati dan menghargai pusaka warisan para pendahulu yang telah rela mengorbankan seluruh jiwa raganya untuk merah putih dan tegaknya NKRI, kita sebagai penerus bangsa sepatutnyalah turut serta melestarikan pusaka bangsa ini dengan merawat dan membersihkan rumput, daun dan selokan agar monumen ini terlihat apik, bersih dan terkesan terawat,” ungkap Sardjono disela-sela kegiatannya.

Monumen Purangga yang diresmikan tanggal 19 Agustus 1992. dibangun secara gotong royong oleh Paguyuban Keluarga Eks Anggota Batalyon 62 Gombong dan didukung oleh beberapa donatur yang secara umum diketuai oleh Brigjen TNI (Purn.) Slamet Soebyakto. Setelah beliau wafat, dilanjutkan oleh Mayjen Polisi Drs. Soebagjo mantan Kapolda Jawa Timur, yang pada Agresi Militer Belanda II pernah bersama – sama dengan Soekyanto           (Ir. Dosen FT. UGM), Djoefri Abdoellah (Drs. dan mantan Direktur Keuangan Depdagri), Soemardi Growol (mantan Guru SMAN 15 Jakarta), RG. Soedarsono (Letkol Purn. Mantan Asbin Pusjarah ABRI), dan Soetardjo Martoyoguno (Mantan Guru SMEP di Gombong).sumber http://kebumen2013.com/pertempuran-karanggayam/ (Pard).

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *