Bati Tuud Koramil 15/Klirong Pimpin Aksi Penghijauan

Bati Tuud Koramil 15/Klirong Pimpin Aksi Penghijauan

Bati Tuud Koramil 15/Klirong Pimpin Aksi Penghijauan

KODIM 0709/KEBUMEN, Aksi tanam pohon Bakau sebanyak 2000 pohon di wilayah pesisir pantai Klirong tepatnya di Desa Jogosimo melibatkan  sejumlah anggota Saka Wira Kartika Binaan Koramil 15/Klirong, acara ini langsung dipimpin Bati Tuud Koramil 15/Klirong Serma Bambang. HP. Kegiatan ini sebagai upaya membudayakan kepada para generasi penerus untuk lebih mencintai lingkungannya, hal tersebut ditegaskan Serma Bambang ditengah-tengah kegiatannya melaksanakan tanam pohon atau lebih dikenal dengan nama penghijauan,  Kegiatan pun dihadiri oleh jajaran Muspika Kec. Klirong, jajaran perangkat Desa Jogosimo, Ketua Bidang SDM Kebumen Bpk Salim Widji, Ketua BPBD Kab. Kebumen Eko Widiyanto Orari dan anak sejumlah siswa sekolah lainnya. Jum’at (30/12/16).

Berikut beberapa manfaat penghijauan bagi kelangsungan mahluk hidup :

Penghijauan Untuk Mencegah Banjir

Penghijauan dapat mengembalikan fungsi daerah resapan air di dalam kota. Daerah resapan air bisa berupa lapangan bola, taman kota dan hutan kota. Memelihara kawasan resapan air tersebut merupakan aksi nyata gerakan penghijauan. Manfaat penghijauan di kawasan ini adalah mengurangi debit atau limpasan air saat musim hujan karena meresap ke dalam tanah dengan mudah. Upaya ini adalah cara untuk mencegah terjadinya banjir perkotaan akibat pengurangan jumlah daerah resapan air.

 

Menjaga kualitas air tanah

Semakin banyak zona hijau dalam satu kota maka kualitas air tanah semakin baik. Penghijauan sangat penting untuk mempertahankan zona hijau di dalam kota. Ketidakseimbangan proporsi luas lahan hijau dan zona terbangun akan merusak kualitas air tanah. Limbah yang meresap ke dalam tanah akan merusak kualitas air tanah sehingga berdampak pada kesehatan apabila air ini kembali di konsumsi masyarakat.

Melindungi satwa/edhapis

Lingkungan hijau seperti hutan kota menjadi habitat bagi satwa seperti burung langka di kota. Penghijauan untuk hutan kota akan menyelamatkan populasi satwa langka yang berperan dalam sistem ekologi lingkungan.

Mengurangi polusi udara

Penghijauan pada koridor jalan juga berfungsi mengurangi polutan yang terbuang di udara. Tajuk pohon berfungsi membersihkan partikel padat seperti timbal dan akan menempel pada ranting dan batang pohon.

Mengurangi Dampak Hujan Asam

Polusi kendaraan dan pabrik berdampak buruk terhadap kualitas udara. Untuk mereduksi limbah polusi yang dilepas ke udara, dibutuhkan pepohonan untuk menyerap gas CO2 yang telah bercampur sulfur tersebut. Pepohonan akan mengurangi dampak pembuangan polutan agar udara yang dihirup lebih bersih.

Pengontrol Iklim

Tanaman dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi manusia, khususnya pada daerah yang beriklim  tropis maupun subtropis. Pada daerah subtropis, dedaunan akan berguguran agar cahaya matahari dapat menyinari bangunan. Pada daerah yang beriklim tropis, pepohonan berdaun lebat berfungsi mengurangi efek langsung sinar matahari.

Mengurangi partikel debu

Pepohonan juga berfungsi menurunkan kadar partikel debu.Menurut pengamatan Bianpoem (1997) pohon dengan luas 300×400 m2 dapat menurunkan kadar partikel debu dari 7.000 partikel/liter menjadi 4.000 partikel/liter.

Mencegah Efek Rumah Kaca

Selain mengurangi partikel debu, pepohonan juga mengurangi efek rumah kaca.Efek rumah kaca adalah penumpukan gas CO2 pada atmosfer yang menyebabkan bolongnya atmosfer, tapi pohon dapat mencegahnya karena hutan dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2.

 

Suplai Pupuk Alam

Dedaunan yang berguguran di jalan maupun di tanah dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos untuk tanaman lain dan tentu bebas dari bahan kimia. Daun yang jatuh ke tanah cukup dibiarkan membusuk dan menyatu dengan tanah, cara ini lebih alami dibandingkan pembakaran sampah pohon. Dan banyak lagi manfaat lainnya. (Pard).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. "Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *