Forkominda Kab. Kebumen Sambut Kunker Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Forkominda Kab. Kebumen Sambut Kunker Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Forkominda Kab. Kebumen Sambut Kunker Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

KODIM 0709/KEBUMEN, Kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia H. Asman Abnur, SE, M.Si disambut jajaran Forkominda Kab. Kebumen di komplek rumah dinas pendopo Bupati Kebumen dalam acara membuka Display Inovasi dan Publik Kab Kebumen sekaligus peresmian pembukaan dengan ditandai pemukulan gong sebanyak kali, Selasa (27/12/16).

Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 09.00 hingga 10.21 WIB ini dengan agenda pembukaan Display Inovasi dan Publik sekaligus peresmian Kantor Camat Kebumen, hadir dalam penyelenggaraan tersebut jajaran Forkompinda Kab. Kebumen, Sekretaris Menpan Reformasi Birokrasi Drs. Dwi Wahyu Atmadji,  Setda Jateng Drs. Alfin, jajaran SKPD Kab. Kebumen, Para Asinten Setda dan staf ahli Bupati Kab.Kebumen, Perwakilan Pemkab.Blora, Perwakilan Pemkab.Grobogan, Perwakilan Pemkab.Brebes, Perwakilan Pemkab.Purworejo, Pewakilan Pemkab.Magelang, Perwakilan Pemkab.Banyumas dan seluruh Camat Se Kab. Kebumen.

 

Dalam sambutannya Bupati Kebumen Ir. H. Muhamad Yahya Fuad, S,E mengatakan,”Inovosi Publik ini akan kita adakan pameran yang merupakan inspirasi dari kegiatan pada waktu di Surabaya dengan harapan melalui kegiatan ini kita tidak terjebak dalam rutinitas. Dengan adanya inovasi di Kab. Kebumen ini saya harapkan ada peningkatan pelayanan disemua bidang, selanjut nya kami punya dua waduk besar namun demikian biaya untuk pengerukan sangat besar tapi dengan cara ini dapat bermanfaat dibeberapa aspek diantara yaitu, bahan baku bata tidak repot-repot mencari dan juga mengurangi sedimentasi pada waduk tersebut. Inovasi yang lain replikasi yang baru adalah perpaduan antara program unggulan kabupaten dengan program unggulan dari desa karena anggaran desa saat sekarang cukup besar. “ terangnya.

 

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia H. Asman Abnur, S.E, M.Si mengatakan, “Aparatur sipil negara kedepan harus berubah cara pandangnya dan cara bekerja karena dunianya yang sudah berubah oleh karena kita harus menyesuaikan keadaan, selanjutnya sebagai contoh dulu orientasi pada kekuasaan tapi sekarang harus merubah berorientasi pada pelayanan dan ini kita harus mau merubahnya kalau tidak mau ketinggalan dengan negara-negara lain yang sudah maju.

ASN (aparatur sipil negara) harus dapat menjadi motor penggerak karena ASN jabatan sampai pensiun akan tetapi manakala Bupati dan Wakil Bupati merupakan jabatan Politik. Sesuai perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terhadap saya yaitu perbaiki pelayan publik dari sekarang, ada juga ciber pungli, ada satu contoh diluar jawa yaitu WBK Wilayah Bebas Korupsi dari situ dapat dijadikan inspirasi bagi kota lain atau provinsi lain untuk selalu berinovasi dalam hal pelayanan publik.

Kedepan akan di cari cara untuk pelayanan publik sebagai wujud dari tuntutan pekerjaan yang dilaksanakan seperti gaji PNS jangan sampai kalah dengan pekerja gaji swasta dan ini sudah kami godok dan insyaAlloh terwujud itu semua karena ini semua juga wujud inovasi.

Akan kita laksanakan dan kita benahi administradi dengan cara online jadi apa bila kebutuhan PNS disuatu wilayah kita tinggal pencet cepat kita ketahui kebutuhan dari PNS dari wilayah Kab  tersebut. 64 % ASN di Indonesia hanya mempunyai kemampuan administratif saja tapi tidak mempunyai kemampuan lain, sebagai contoh disuatu daerah kepala dinas perhubungan diambil dari kepala sekolah jadi ini menunjukkan hanya administrasi.

Untuk saat sekarang kita harus menggunakan sistem Igaverment yaitu sitem yang kita tidak akan menyetujui pengajuan dana ke pemerintah apa bila belanja rutinnya diatas 50 % anggaran yang di tetapkan pemerintah, dan juga tidak ada anggaran yang mubazir, selanjutnya  ASN (Aparatur Sipil Negara) Harus mempunyai jiwa :

– Hospitality jiwa yang penuh pelayanan publik.

– Enterperne yaitu anggaran yang kita keluarkan harus manfaat dan ada hasilnya.

– Ramah tamah.

– Selalu siap bekerja.

Ada empat institusi yang sedang kita upayakan tunkinnya naik menjadi 80% supaya kinerja lebih maxsimal dan tidak ada pungli-pungli lagi.

Usai kegiatan peresmian display inovasi publik rombongan melanjutkan kegiatan menuju Kantor Camat Kebumen di jalan Pramuka no 35 dalam rangka peresmian kantor Kecamatan Kebumen yang baru.

Hadir dalam acara ini sejumlah  jajaran Forkompinda Kab. Kebumen, Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfud, jajaran SKPD Kab. Kebumen, anggota DPRD Kab. Kebumen dari fraksi PKB Miftahul Ulum Fraksi, Staf Ahli Bupati Kab. Kebumen, Sekda Kab. Kebumen Adi Pandoyo, M. Si, dan Muspika Kec. Kebumen.

Pada sambutannya  Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia H. Asman Abnur, S.E, M.Si mengatakan, “Kantor Camat harus tidak kalah dari Kantor Bank, tidak boleh ada pungli dan sebagainya di Kantor Pemerintahan ini. tentang pelayanan untuk masyarakat, saya melihat bahwa Kantor Camat Kebumen sudah tidak kalah darr Kantor Bank, saya lihat dari mulai cara penerimaan tamu,  yang putri mengenakan jilbab dan senyum yang ramah, pelayanan publik harus banyak senyum tidak boleh ngedepankan kekuasaan (saya pejabat) tidak boleh begitu.

Tidak boleh memakai sandal jepit di dalam kantor lakukan yang rapi, kalau perlu di kantor gunakan IT Komputerisasi, hindari layanan pada masyarakat yang baik yang nyaman, layani publik dengan baik, kalau kantor Camat tidak kalah dengan kantor Bank itu baru ciri Kab Kebumen maju. Kebumen. Kondisi toiletnya harus tetap bersih, kondisi ruangannya rapi pastinya yang lain akan baik, sistem IT harus digunakan supaya pelayaan lebih cepat ke pada masyarakat.

 

Pelayanan publik bagus, semangat, baik dan rajin maka tinggal.kita naikan anggarannya. Mungkin anggaran bangun masjid atau jalan menjadi bagus kalau tidak bagus pasti ada yang tidak benar biar masyarakat yang laporan siapa yang tidak benar (Pard).

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *